UKM Basket Esa Unggul, Pertahankan Tradisi Hujan Prestasi

UKM Basket Esa Unggul, Pertahankan Tradisi Hujan Prestasi

Share




Tim The Swans Putri Esa Unggul Juara di LIMA Malang

Tim The Swans Putri Esa Unggul Juara di LIMA Malang

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Masa kuliah merupakan fase dimana seseorang menemukan jati diri salah satunya dengan mengejar prestasi melalui prestasi akademik atau non-akademik. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa-mahasiswi Esa Unggul yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket.

Hujan prestasi telah diraih oleh The Swans sebutan lain dari UKM Basket Esa Unggul. Mulai dari prestasi di tingkat regional maupun tingkat nasional. Bahkan beberapa pemain UKM basket Esa Unggul berkesempatan mewakili Indonesia di ajang-ajang Internasional seperti Sea Games.

Sien Marthina Ketua UKM Basket Esa Unggul menceritakan awal mula The Swans mampu merajai perbasketan mahasiswa di tingkat nasional. 2014 merupakan awal tahun dimulainya pembenahan di Tim The Swans, masuknya mahasiswa/i baru yang dibarengi dengan bergabungnya para pemain potensial membuat pelatih The Swans saat itu yakin dapat membangun tim masa depan The Swans.

Selang setahun, Sien melanjutkan di tahun 2015 The Swans mampu menggapai kedigdayaannya dengan menjuarai Liga Basket Mahasiswa tingkat regional Jakarta. Saat itu dua tim The Swans yakni putra-putri meraih juara, The Swans Putri menjadi juara 1 dan Putranya mendapatkan peringkat ke-3.

“Moment pertama kita mendapatkan juara di sebuah kompetisi ialah tahun 2015 di Liga Basket mahasiswa Tingkat DKI Jakarta. Ini momen bersejarah karena pelatih telah menunggu The Swans menjadi jawara selama kurang lebih 6 tahun,” ujar Sien di Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat Selasa (21/11/2017).

Sejumlah Penghargaan yang diraih oleh The Swans

Sejumlah Penghargaan yang diraih oleh The Swans

Berbagai prestasi pun mulai berdatangan pasca The Swans menggapai gelar Liga Mahasiswa DKI Jakarta, diantaranya ialah meraih juara 1 putri dan juara 2 putra di Lima nasional 2015, juara 1 putri di Libama DKI Jakarta 2016 dan hujan gelar serta mempertahankan tradisi juara Lima dan Libama pada 2017.

“Pada 2017, kami kembali memenangkan berbagai gelar seperti Greter Jakarta Conference dengan mengawainkan juara putra-putri. Meraih beberapa kompetisi piala di Universitas seperti UPH CUP, unj Cup, Untar Cup dan paling anyar ialah juara 1 putri di Liga Mahasiswa nasional Malang,” tuturnya.

Mahasiswi jurusan Akutansi ini menjelaskan keberhasilan yang diraih oleh The Swans dalam meraih prestasi dan mempertahankan tradisi juara ialah kerja keras serta konsistensi latihan yang selalu dilakukan oleh para punggawa the Swans.

“Keberhasilan yang kami dapatkan bukanlah pretasi yang didapatkan dari hasil semalam latihan. Konsistensi, kerja keras serta pantang menyerah dalam latihanlah yang membentuk tim The Swans sehingga selalu menggapai jawara di setiap kompetisi,” ucapnya.

latihan yang selalu dilakukan oleh tim The Swans dilakukan pada saat-saat luang, Sien mengatakan untuk Tim Putra the Swans latihan selalu dilakukan pagi dan sore hari yakni dimulai jam 7-9 pagi dan sore hari jam 5 sore-7 malam. Sementara itu tim Putri melakukan latihan rutin senin hingga jumat. Tidak mengherankan konsistensi latihan, kerja keras dan kekompakan menjadi kunci bagi The Swans dalam meraih berbagai juara kompetisi.

Gadis yang berasal dari Medan ini pun mengatakan meskipun para punggawa The Swans waktunya sebagian besar dihabiskan untuk latihan dan mengikuti berbagai ajang kompetisi, namun mereka tidak melupakan kewajiban utama mereka sebagai mahasiswa Esa Unggul untuk menuntut ilmu.

Perihal membagi waktu antara kuliah dengan basket, Sien menjelaskan banyak terbantu oleh teman-teman kuliah dan dosen. “Kalau membagi waktu antara basket dan kuliah, kami sudah mempunyai caranya. Rata-rata para punggawa The swans sangat dibantu oleh dosen dan teman sekelas. Saya misalnya, teman-teman selalu membantu saya jika ada presentasi atau belajar kelompok untuk ujian dan para dosen juga mengerti keadaan kami yang berjuang untuk mengharumkan nama kampus,” ujarnya.

Dirinya dan para punggawa The Swans pun berpesan bagi mahasiswa Esa Unggul untuk tetap fokus mengejar passionnya terutama dibidang yang mereka sukai, jangan sampai masa muda dihabiskan hanya untuk hura-hura ataupun foya-foya tanpa menghasilkan satupun karya. “Mahasiswa Esa Unggulkan masih muda tentunya punya kesempatan yang sangat luas untuk meraih prestasi melalui karya-karya mereka, yuk kita berprestasi melalui hobi dan passion kita,” tutup Sien.


-- Download UKM Basket Esa Unggul, Pertahankan Tradisi Hujan Prestasi as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul