UIEU Terpilih Sebagai Koordinator PMW 2009

Kamis, 28 Mei 2009

 

Universitas INDONUSA Esa Unggul (UIEU) terpilih sebagai Perguruan Tinggi Koordinator pelaksana Program Mahasiswa Wirusaha (PMW) Tahun 2009 Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas).  Dari 380 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jakarta, UIEU terpilih salah satu dari 4 PTS yang terpilih lainnya, dan akan mendapatkan bantuan hibah dan bertanggung jawab dalam penggunaan dan penyaluran dana PMW termasuk bagi PTS yang berada di bawah binaannya.

Latar Belakang

Dengan semakin meningkatnya jumlah lulusan perguruan tinggi yang tidak seluruhnya dapat terserap karena terbatasnya lapangan pekerjaan. Untuk itu perlu adanya upaya menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan aktifitas kewirausahaan agar para lulusan UIEU menjadi pencipta lapangan kerja dari pencari kerja.Pemerintah melalui Depdiknas mengembangkan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sebagai bagian dari strategi pendidikan di perguruan tinggi untuk memfasilitasi mahasiswa yang mempunyai minat dan bakat kewirausahaan, melalui fasilitas pendidikan dan pelatihan kewirausahaan, magang, penyusunan rencana bisnis, dukungan permodalan dan pendamping usaha. Program ini diharapkan mampu mendukung Visi Misi pemerintah dalam mewujudkan kemandirian bangsa melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan UKM.

Maksud dan Tujuan

*
Menumbuhkan motivasi berwirausaha dikalangan mahasiswa.
*
Membangun sikap mental wirausaha yang percaya diri, pantang menyerah, mampu berkerja keras, kreatif, inovatif, tanggap, memiliki kemampuan empati dan keterampilan sosial serta berperilaku pemimpin.
*
Meningkatkan kecakapan dan keterampilan mahasiswa khususnya sense of business.
*
Menumbuhkembangkan wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
*
Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
*
Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.

Hasil yang Diharapkan

*
Memberi kesempatan mahasiswa Universitas INDONUSA Esa Unggul untuk terlibat langsung dengan kondisi dunia kerja dan kegiatan nyata di UKM guna meningkatkan soft skillnya dan mengasah jiwa wirausaha.
*
Menumbuhkembangkan jiwa bisnis mahasiswa sehingga memiliki keterampilan untuk memulai usaha didukung dengan modal yang diberikan dan pendampingan secara terpadu.
*
Mempercepat hubungan Usaha Kecil Menengah (UKM) dengan dunia kampus.
*
Memberikan akses terhadap informasi dan teknologi yang dimiliki perguruan tinggi.
*
Meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam mengembangkan pendidikan kewirausahaan, penyesuaian kurikulum yang dapat merespon tuntutan dunia usaha.
*
Menghasilkan wirausaha – wirausaha muda pencipta lapangan kerja dan calon pengusaha yang berhasil.

[line]

Read More Post
[categories include =”8″]