Training of Trainers (ToT) Dosen Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Training of Trainers (ToT) Dosen Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Esa Unggul

Share

Bertempat di Villa Dasa Cisarua Puncak Bogor, 18 – 19 Februari 2015, Universitas Esa Unggul (UEU) menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) bagi para Dosen Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2015. Acara yang dimotori Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Bapak Ari Pambudi dan Departemen Kemahasiswaan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para Dosen UEU tentang Program Kreativitas Mahasiswa dan teknik-teknik review terhadap masalah-masalah penting (potential problem analysis) dengan memunculkan ide-ide kreatif serta menggunakan berbagai pendekatan strategis (strategic choice). Pelatihan ini dibimbing langsung Prof. Dr. Jamasri, beliau adalah Guru Besar Universitas Gajah Mada, selain merangkap Tim Pakar Dikti beliau juga salah satu pencetus Program Kreativitas Mahasiswa di perguruan tinggi dan beberapa kali terlibat sebagai ketua tim juri dalam berbagai ajang kompetisi karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional (PIMNAS).

Pelepasan para dosen dilakukan Rektor UEU – Dr. Arief Kusuma, dalam sambutannya Rektor menyambut gembira acara ToT para dosen, selain ingin terus menumbuhkan semangat para dosen dalam membimbing dengan interaksi yang terjalin tinggi antara dosen dan mahasiswa, acara ToT ini juga sekaligus menunjukkan keseriusan UEU bahwa institusi sangat peduli dan mengedepankan program-program kreativitas khususnya dikalangan dosen dan mahasiswa. Pelatihan ini melibatkan para dosen UEU yang selama ini terlibat aktif membimbing para mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa.

Keikutsertaan UEU dalam berbagai ajang dan kompetisi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa telah berlangsung cukup lama, dan telah sekian kali juga UEU memenangkan sejumlah kompetisi tersebut, ditengah berbagai prestasi UEU dalam berbagai ajang, baik olahraga, seni, debat mahasiswa sampai lomba kampus bersih narkoba 2015. Lomba Karya Tulis Mahasiswa dirasakan masih sangat penting  untuk ditingkatkan, mengingat diperlukan keseimbangan mutu olahraga, kesenian maupun intelektual dan penelitian mahasiswa di perguruan tinggi.

Ditengah suasana sejuk dan dingin khas pegunungan, acara berlangsung sangat akrab dan penuh kekeluargaan, bahkan tidak sedikit dikalangan para dosen yang bertekad akan mejadikan PKM sebagai wahana peningkatan kapasitas (kum dosen), karena disamping membimbing mahasiswa, PKM juga dapat meningkatkan kepangkatan dan mutu dosen.


-- Download Training of Trainers (ToT) Dosen Pembimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Esa Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul