Timor Leste Kirim 10 Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Timor Leste Kirim 10 Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Share


Timor Leste Kirim 10 Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Timor Leste Kirim 10 Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Timor Leste Kirim 10 Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Menindaklanjuti kunjungan Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Timor Leste Augusto Joaquim Pinto yang melakukan kunjungan ke Universitas Esa Unggul pada tanggal 12/06/2017, maka Universitas Esa Unggul melakukan kunjungan balik sekaligus melakukan penandatanganan MOU dengan Kemenkes Timor Leste untuk peningkatan kualitas dan kapasitas SDM dibidang kesehatan. MOU ditandatangani oleh Rektor Universitas Esa Unggul dan di damping oleh warek IV bidang kerjasama. Pengiriman 10 orang mahasiswanya untuk tugas belajar di Fisioterapi Universitas Esa Unggul.

Kerjasama ini berlangsung selama 6 tahun sejak ditandatanganinya MOU. MOU ditandatangani oleh Rektor UEU dan Vice Minister of Health (Dr. Ana Isabel F.S. Soares, PH, M.Sc, PhD). Kerjasamanya yaitu dalam bidang pendidikan dalam peningkatan sumber daya manusia dalam bidang kesehatan khususnya Fisioterapi. Kemenkes TL akan membiayai studi mahasiswa/i dari Timor Leste (yang lolos seleksi Kemenkes TL) untuk kuliah Prodi Fisioterapi di Universitas Esa Unggul selama 8 semester – dari awal studi sampai akhir studi.

Pengiriman mahasiswa Timor Leste ke Universitas Esa Unggul ini selain untuk mempelajari mengenai pendidikan kesehatan, merupakan momentum bagi kedua negara yakni Timor Leste dan Indonesia untuk semakin mengakrabkan hubungan dua negara, dan program G2G (Government to Governmnet) mudah-mudahan nantinya dua negara bisa saling membantu khususnya dibidang tenaga medis kesehatan.

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Timor Leste Augusto Joaquim Pinto mengatakan dipilihnya Universitas Esa Unggul sebagai salah satu tujuan pengiriman mahasiswa Timor Leste untuk mempelajari kesehatan dikarena reputasi Esa Unggul yang sangat baik dalam bidang pendidikan kesehatan. Augusto pun menambahkan reputasi Esa Unggul dibidang Fisioterapi sangat baik terutama dikalangan akademisi di Timor Leste. Hal ini dibuktikan dengan kerja sama Univeritas Dili dan Esa Unggul pada bulan lalu dibidang pengiriman dosen ke masing-masing Universitas.

“Sejauh ini reputasi Esa Unggul di bidang fisioterapi kan salah satu yang terbaik, bulan kemarin kan ada kerjasama Universitas Esa Unggul dan Universitas Dili dalam bidang pengiriman dosen, ini salah satu rujukan kami kemana saja perguruan tinggi yang dapat kami ajak kerjasama pengiriman mahasiswa Timor Leste nantinya dalam bidang kesehatan,” ujar Augusto.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Dra. Suryari Purnama, MM, mengungkapkan Esa Unggul menerima dengan tangan terbuka pengiriman mahasiswa Timor Leste yang nantinya akan mempelajari kesehatan di Esa Unggul. Ia pun meyakinkan, Esa Unggul memiliki berbagai failitas penunjang untuk mahasiswa dari luar daerah bahkan dari luar negri.

Saat Penandatanganan MOU

Saat Penandatanganan MOU

“Fasilitas yang kami tawarkan kepada mahasiswa dari luar negeri dan daerah sudah memenuhi standar kok, disini sangat dekat dengan tempat tinggal yang nantinya mahasiswa tersebut dapat memilih apakah akan stay di kontrakan atau kos-kosan, disini kita dekat dengan apartemen. Lingkungan kampus dan tempat tinggal mahasiswa disini juga sama baiknya,” terangnya.


-- Download Timor Leste Kirim 10 Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul