Tim Basket The Swans Universitas Esa Unggul Berhasil Lolos Ke Semi Final LIMA Basketball Nationals

Tim Basket The Swans Universitas Esa Unggul Berhasil Lolos Ke Semi Final LIMA Basketball Nationals

Share


The Swans Putra Universitas Esa Unggul

The Swans Putra Universitas Esa Unggul

 

Tim Basket The Swans Universitas Esa Unggul Berhasil Lolos Ke Semi Final LIMA Basketball Nationals

Tim basket putra Univeristas Esa Unggul Berhasil melaju ke babak Semi Final usai kalahkan Universitas Brawijaya (UB) 77-56 Pada laga delapan besar LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Kamis (18/02/2016).

Tampil baik diputaran fase Pul dengan mampu menorehkan dua kali kemenangan, UEU kembali tunjukkan kualitasnya di pertandingan penentu ini. Mengenakan kostum putih-putih UEU yang turun dengan lima pemain pilarnya langsung bermain dengan tempo cepat. Namun, aksi dua kali tembakan dua angka dari Gifferdi membuat UEU harus tertinggal terlebih dahulu di awal kuarter ini. Keunggulan UB tak bertahan lama saat Lutfi yang lepas dari penjagaan para pemain UB mampu melepaskan tembakan dua angka dan di usul tembakan tiga angka dari Danny. Alhasil UEU pun mampu membalikan kedudukan di paruh kuarter ini.

Lima menit selanjutnya, para pemain UEU terlihat mulai mengetahui kelemahan permaianan UB. Mengandalakna dribble-dribble cepat, pasukan The Swans ini tak jarang mampu mencetak poin lewat aksi under basket. Tak hanya itu, lesatan tiga angka Hendra dan Freddy juga membawa perolehan poin UEU semakin bertambah. Hasilnya, dikuarter awal ini UEU sukes mengungguli UB dengan margin lima bola, 20-10.

Memasuki kuarter kedua, UB yang tertinggal terlihat lebih sering melakukan serangan-serangan yang berbahaya melalui pemain kuncinya, Gifferdi. Mengandalkan tubuh besarnya, Gifferdi terlihat tak mengalami kesulitan saat berduel bola udara. Empat rebound dan delapan poin mampu Gifferdi lesatakan di kuarter ini. Meski terus mendapatkan serangan, namun para pemain UEU tetap konsisten mencetak poin. Alhasil, 20 poin kembali tercipta bagi UEU, sementara UB mengasilkan 17 poin. Tambahan 20 poin UEU sekaligus memperlebar keunggulan mereka menjadi 40-27 di kuarter ini.

Konsistensi permaian UEU terus tersaji hingga di kuarter ketiga ini. peluang demi peluang yang Akbar dkk. dapatkan kembali dimaksimalkan dengan baik. Sementara itu, para pemain UB terlihat terus berusaha mengejar ketertinggalan poin mereka. Namun, baiknya defense para pemain UEU kembali membuat beberapa peluang mereka tak mampu menghasilkan poin. Hingga akhirnya, 21 poin tambahan di kuarter ini kembali memperlebar keunggulan UEU menjadi 61-41.

Unggul dengan jarak yang cukup jauh, Coach Vendy terlihat lebih tenang dengan sering memainkan lini keduanya di kuarter akhir ini. Keadaan tersebut langsung dimanfaatkan para pemain UB untuk terus melancarkan serangan. Namun, hingga buzzer tanda akhir pertandingan berbunyi usaha Gifferdi dkk. belum mampu mengejar ketertinggalan dan UEU pun sukses menyudahi laga ini dengan kemenangan 77-56.

Pada pertandingan ini, Kevin Moses mampu mecetak double-double lewat torehan 10 poin dan 11 rebound. Sementara itu, pamain UB, Gifferdi juga tampil baik dengan mencetak 17 poin dan enam rebound.

Raihan kemenangan ini mengantarakn UEU melaju ke babak semi final yang akan mempertemukan antara tim ITHB dan Unpar yang baru akan melakoni laga pada malam ini. Pertandingan semi final LIMA Basketball Nationals akan kembali dihelat di GOR C-tra Arena, Bandung, Sabtu (20/02/2016).

The Swans Putri Universitas Esa Unggul

The Swans Putri Universitas Esa Unggul

 

Sementara itu, tim putri Universitas Esa Unggul (UEU) duduki puncak klasemen Pul X. Menang dengan skor akhir 77-41 dari tim Universitas Parahyangan (Unpar) pada laga keempatnya di LIMA Basketball Nationals Season 4 (18/2). Anak asuh Parna Abrizalt Hasiholan, pelatih UEU mengakhiri babak penyisihan di GOR C’tra Arena, Bandung dengan hasil positif.

Strategi permainan yang diusung Coach Parna tampaknya berhasil pada laga penyisihan hari ini. Rotasi pemain secara merata, sepertinya membuat anak asuh Coach Parna mempunyai napas bermain lebih baik dibandingkan Unpar yang hanya mengandalkan beberapa pemainnya. Melakoni pertarungan ketat kontra tim asal Bandung, UEU tidak terlalu baik dalam akurasi tembakan. Total 37 tembakan tiga angka yang diarahkan ke ring lawan, hanya 7 tembakan three point yang menghasilkan tambahan poin.

Meski demikian, Sari Dewi mampu memaksimalkan 34 kesalahan turnover Unpar menjadi 32 poin. Sulit dalam menjebol pertahanan Unpar, UEU manfaatkan lambatnya transisi Unpar putri menjadi 12 poin tambahan melalui serangan fast break.

Menorehkan hasil sempurna dalam laga penyisihan, bukan tidak mungkin UEU akan terus melaju hingga laga puncak. Jika ingin melaju ke partai puncak, UEU mesti bermain sebaik pada laga ini, mengingat lawan yang akan mereka hadapi adalah seteru abadi Universitas Pelita Harapan (UPH).


-- Download Tim Basket The Swans Universitas Esa Unggul Berhasil Lolos Ke Semi Final LIMA Basketball Nationals as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul