Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) Universitas Esa Unggul di Pantai Anyer

Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) Universitas Esa Unggul di Pantai Anyer

Share


Studi Wisata Islam Terpadu

Studi Wisata Islam Terpadu

 

Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) Universitas Esa Unggul di Pantai Anyer

Studi wisata islam terpadu (SWITER) tahun 2016 kali ini diadakan di ujung barat Provinsi Banten, yaitu Pantai Anyer tepatnya di Villa Aviredita. Mengusung tema, Mengingat Iman Memperkokoh Persatuan Islam (MIMPI) kegiatan switer kali ini terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Serangkaian acara diikuti dengan antusias oleh para peserta dan panitia. Pada hari pertama diadakan pengenalan LDK IKMI, Visi dan Misi LDK, dan dilanjutkan dengan acara ta’aruf atau perkenalan para peserta dengan pengurus LDK IKMI. Acara ta’aruf sangat menyenangkan karena diisi dengan argumentasi yang unik dari tiap peserta mengenai alasan mereka masuk dalam LDK.

Keesokan paginya diadakan sholat malam bersama hingga subuh berjamaah, dan dilanjutkan dengan kultum oleh Mas’ul LDK IKMI, Alex Gufron. Setelah selesai acara kultum, peserta dan panitia mengadakan senam pagi dipinggir pantai. Antusias dan kelucuan tiap peserta terekam jelas dan bidik kamera panitia. Terlihat jelas bahwa acara switer kali ini sangat menyenangkan. Dilanjut sesi games kekompakan peserta diuji. Setiap rangkain games diikuti dengan semangat yang membara. Ide-ide kreatif mereka pun terlihat dalam acara games ini. Meski lelah melanda, mereka tetap semangat. Dan setelah acara games selesai, para peserta dan panitia ikhwan (Laki-laki) berenang bersama di kolam renang samping penginapan.

Kegiatan Saat Acara SWITER

Kegiatan Saat Acara SWITER

Menjelang siang, para peserta dan panitia makan bersama, kemudian acara dilanjutkan dengan materi tentang tata cara membuat proposal yang baik oleh Bapak Barika Gumay selaku perwakilan kampus Esa Unggul dan Departmen Kemahasiswaan bidang softskill. Acara dilanjutkan dengan sholat dzuhur berjamaah. Setelah itu materi yang diisi oleh Ustadz Ahmad Zarkasih tentang Musafir, dan meteri ke dua diisi oleh ketua Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK) se-Jadebek, Ustadz M. Syukron Muchtar tentang ke LDK-an.

Setelah materi selesai, peserta dipersilahkan sholat dan setelah itu mengikuti acara mentoring yang diberikan oleh panitia. Selesainya acara mentoring maka peserta dipersilahkan menikmati waktu senggang hingga adzan maghrib. Peserta dan panitia antusias bermain di pinggir pantai. Ada yang asik berfoto ria, lari-lari hingga ke bibir pantai atau hanya sekedar menikmati waktu sunset di saung yang tersedia disana.

Di malam kedua, diadakan acara sharing time bersama ADK (Aktivis Dakwah Kampus) alumni. Dan sebelumnya diadakan materi oleh seorang ADK, yaitu Bang Dendy tentang MEA. Bang Dendy adalah alumni Fakultas Ekonomi angkatan 1995, wakil ketua LDK IKMI 1995-1998, dan sekarang bekerja sebagai kepala Imigrasi Riau. Setelah itu peserta dipersilahkan untuk istirahat, dan ketika jam tepat menunjukan pukul 02.30 pagi diadakan acara muhasabah oleh Bang Ihsan, salah satu ADK alumni. Bang Ihsan adalah alumni Fakultas Ekonomi angkatan 1995, ketua Senat Mahasiswa UEU (BEM) periode 1997-1998, sekarang sebagai pimpinan Pondok Pesantren di Serang.

Para Peserta SWITER

Para Peserta SWITER

Dihari ketiga, karena rangkaian acara sudah selesai maka peserta dipersilahkan menikmati hari terakhir disana. Setelah itu acara makan bersama dengan panitia, dan sebelum pulang diadakan sharing time dan pesan kesan oleh peserta dan panitia. Setelah itu diadakan foto bersama, penyerahan hadiah bagi kelompok peserta terbaik di acara games dan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada peserta. Kemudian semua peserta dan panitia berkemas untuk pulang.


-- Download Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) Universitas Esa Unggul di Pantai Anyer as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Website Design Expert