Seminar Peran Fisioterapi pada Atlet Sepak Bola Profesional di Indonesia

Seminar Peran Fisioterapi pada Atlet Sepak Bola Profesional di Indonesia

Share




Seminar Peran Fisioterapi pada Atlet Sepak Bola Profesional di Indonesia

Selasa, 27 September 2011

 

Pentingnya peran seorang fisioterapis dalam dunia olah raga, khususnya sepak bola, tampaknya masih belum banyak dipahami. Keberadaan fisioterapis di sebuah tim tergolong langka. Tim sekelas timnas Indonesia bahkan tergolong baru saja memiliki seorang fisioterapis. Hal itu mendorong Badan Eksekutif Mahasiswa Fisioterapi (BEMF) dan Perhimpunan Fisioterapi Olah Raga Indonesia (PFOI) menyelenggarakan Seminar bertema “Peran Fisioterapi pada Atlet Sepak Bola Profesional di Indonesia” pada Kamis, 08 September 2011 di Aula Kemala, Kampus UEU.

Hadir sebagai pembicara yang juga seorang fisioterapis timnas, Matias Ibo.  Kemudian, Bapak Sugijanto (Dekan Fisioterapi UEU), Syahmirza Indra Lesmana (Ketua PFOI), serta Junaidi (Ketua Komisi Kesehatan KONI DKI Jakarta).  Hadir seorang mantan atlet timnas sepak bola, Firmansyah yang berbagi pengalamannya tentang cedera yang dialaminya sebelum piala Asia 2077 telah ditangani oleh Fisioterapis dengan baik.

Fisioterapis mempunyai tugas seperti member nasihat kepada atlet agar memahami langkah efektif pencegahan cedera, menyusun program agar atlet tidak stress dan kelelahan ketika menjalani latihan. Jika cedera dengan program rehabilitasi dan pendampingan hingga atket sembuh.

Menurut, Matias Ibo membuat program rehabilitasi tidak sulit, tapi pelaksanaannya butuh konsentrasi tinggi agar atlet yang cedera mampu mengikuti program itu sampai sembuh.

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul