Seminar Nasional Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Terkait Implementasi Program INA CBG’S

Seminar Nasional Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Terkait Implementasi Program INA CBG’S

Share

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan bersama dengan Organisasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (HMJ RMIK) menyelenggarakan Seminar Nasional pada yang dihadiri oleh para pendidik, para Tenaga Kesehatan meliputi; dokter, perawat, analis, dan perekam medis serta lomba koding yang akan diikuti juga oleh mahasiswa aktif yang diselenggarakan pada 12 Juli 2014 di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul.

Maksud dan tujuan acara ini antara lain:

  • Mengetahui kebijakan terkait pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  • Memberi gambaran tentang pelaksanaan program INA CBG’S
  • Meningkatkan pengetahuan dan kualitas Tenaga Kesehatan dalam persiapan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
  • Memperluas wawasan tenaga kesehatan dalam mengimplementasikan program INA CBG’S di Rumah Sakit
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mengenal pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mengimplementasikan Program INA CBG’S dan mengasah kemampuan mahasiswa dalam pengkodingan

Sebagai pembicara dalam acara ini antara lain:

  1. Perwakilan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)
  2. Perwakilan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin)
  3. Pembinan PORMIKI, DR. Dra. Gemala Hatta, MRA, M.Kes
  4. Ketua Umum DPP PORMIKI, Elise Garmelia, AmdPerKes, SKM, S.Sos, M.Si

Berdasarkan Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 52 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, harus dibentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dengan Undang-Undang yang merupakan transformasi keempat Badan Usaha Milik Negara untuk mempercepat terselenggaranya sistem jaminan sosial nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. Melalui BPJS pemerintah menyelenggarakan Jaminan Kesehatan Nasional yang mengimplementasikan program INA CBG’S. Melalui INA-CBG’S diharapkan dapat meningkatkan mutu dan efisiensi rumah sakit. INA-CBG’S merupakan sistem pengelompokan penyakit berdasarkan ciri klinis yang sama dan sumber daya yang digunakan dalam pengobatan berbentuk paket yang mencakup seluruh komponen biaya RS. Berbasis pada data costing dan coding penyakit mengacu International Classification of Diseases (ICD) 10 dan ICD 9 yang disusun WHO.

Melihat adanya ketidaksesuaian dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terkait Implementasi dalam INA CBG’S terutama pada pengkodean INA CBG’S. Maka perlu adanya upaya mempersiapkan tenaga kesehatan dalam mengimplementasikan program JKN di masing-masing rumah sakit. Adapun tema kegiatan ini adalah Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Terkait Implementasi Program INA CBG’S. Acara ini diadakan untuk dapat memberikan pengenalan dan pemahaman bagi para direktur rumah sakit, dokter, perawat, praktisi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, tenaga kesehatan lainnya serta mahasiswa & pendidik dalam pelaksanaan Jaminan Kesehatan yang terkait dengan implementasi program INA CBG’S di Rumah Sakit.


-- Download Seminar Nasional Peran Tenaga Kesehatan Dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Terkait Implementasi Program INA CBG’S as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul