Lomba Kreasi Menu Diversifikasi Pangan Lokal Tingkat Perguruan Tinggi Nasional, Kementerian Pertanian 2015

Selamat! Program Studi Ilmu Gizi Juara III Lomba Kreasi Menu Diversifikasi Pangan Lokal Tingkat Perguruan Tinggi Nasional, Kementerian Pertanian 2015

Share

Kementrian Pertanian, Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pemasaran Pertanian pada tanggal 26 Februari 2015 bertempat di Auditorium Gedung F, Kantor Pusat Kementrian Pertanian RI mengadakan “Lomba Kreasi Menu Diversifikasi Pangan Lokal” wilayah Jabodetabek yang diikuti oleh Perguran Tinggi Program Studi Pariwisata, Tata Boga  dan Teknologi Pangan serta SMK. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendukung pengembangan Argobisnis / Argoindustri Pedesaan berbasis Kelompok, khususnya di bidang Pengolahan Hasil Pertanian. Bahan baku utama yang digunakan dalam lomba adalah Mocaf untuk SMK dan Sagu untuk Perguruan Tinggi dan menu utama yang dilombakan adalah menu lengkap (appetizer, soup, main course, dan dessert).

Sebanyak 14 tim dari setiap Perguruan Tinggi seJabodetabek mengikuti lomba tersebut. Universitas Esa Unggul mengirimkan dua tim mahasiswi Ilmu Gizi angkatan 2012, setiap tim terdiri dari dua orang. Tim satu terdiri dari Annisa Nurjanah dan Nurika Fitriyani sedangkan untuk tim dua terdiri dari Lisa Vita Sari dan Ummi Choirunisa. Masing-masing peserta lomba hadir dengan pendukung dan pembinanya, untuk peserta dari UEU didampingi dari perwakilan Prodi Gizi yaitu Bpk. Mury Kuswary, S.Pd, M.Si sehingga menambah semarak suasana meriah dan mengikuti lomba dengan antusias sampai usai acara.

Setiap peserta diberi waktu satu jam untuk platting menu berbahan baku sagu yang sudah mereka buat secantik dan semanarik mungkin tanpa menghilangkan cita rasa untuk kemudian dinilai oleh para juri profesional seperti Vania Wibisono (Chef host at Metro TV, Trans, Indosiar dan TVRI), Tuti Soenardi (Ahli Gizi) dan Yandi Kristian (Chef Hotel sehati). Alhamdulillah salah satu tim UEU yang terdiri dari Annisa Nurjanah dan Nurika Fitriyani, mendapat juara III dengan menu Sago Cordon Blue with Manggo and Pomelo Salad (appetizer), Tekwan Soup (soup), Chicken Rollade Stuffed Carrot with French Fries and Mix Vegetables Sweet and Sour Sauced (main course) dan Layer Cake Sago and Sweet Potato Seeds in Brown Sugar Pool (dessert) sedangkan Juara I diraih oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti (STPT) dan Juara II oleh Tristar Culinary Institute BSD.


-- Download Selamat! Program Studi Ilmu Gizi Juara III Lomba Kreasi Menu Diversifikasi Pangan Lokal Tingkat Perguruan Tinggi Nasional, Kementerian Pertanian 2015 as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company