Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Ners

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Ners

Share



Paduan Suara Juga mengiringi langkah para wisudawan Perawat Dalam Mengambil Sumpah

Paduan Suara Juga mengiringi langkah para wisudawan Perawat Dalam Mengambil Sumpah

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Setelah melakukan Prosesi Wisuda, para wisudawan dari Jurusan dan profesi keperawatan mulai mengukuhkan profesionalitas mereka dengan mengikuti pengambilan sumpah profesi Ners.

Disaksikan oleh Perwakilan PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) dan Sudin Kesehatan Jakarta Barat serta para Civitas Fakultas ilmu-ilmu kesehatan. Sebanyak 40 wisudawan yang diambil sumpahnya terlihat antusias mngikuti prosesi acara tersebut.

Ketua Jurusan NERS dan Keperawatan Dr. Widaningsih, S.Kp., M.Kep dalam sambutannya mengatakan sangat berbahagia karena melihat para anak didiknya kini bukan lagi bergelar mahasiswa namun sudah mampu menjadi seorang perawat. Dengan diambilnya sumpah profesi ini, Widaningsih melanjutkan semakin mengkuhkan anak didiknya menjadi seorang perawat profesional.

“Saya disini dan semua dosen yang menyaksikan kalian disumpah profesi, hari ini sangat berbahagia karena melihat kalian dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kalian untuk menuntaskan pendidikan S1 selama empat tahun dan profesi satu tahun. Sumpah yang kalian lakukan merupakan bagian dari tanggung jawab kalian mengemban profesi nantinya,” tutur Widaningsih di Universitas Esa Unggul, Selasa (10/10/2017).

Dengan nada becanda Widaningsih pun mengatakan para wisudawan yang telah diambil sumpahnya sudah selevel dengan dirinya dalam artian tidak ada lagi jarak antara siswa dan guru seperti saat mereka menempuh pendidikan perkuliahan. “Jadi saya tidak lagi memanggil kalian nak lagi yah, saya panggil dik saja, kalian panggil saya kakak. Soalnya dalam profesi keperawatan tidak ada senioritas dan semua sama, tidak ada jarak, kita menjadi teman sejawat” tuturnya.

Prosesi Pengambilan Sumpah oleh Rohaniawan Kepada Para Wisudawan Keparawatan

Prosesi Pengambilan Sumpah oleh Rohaniawan Kepada Para Wisudawan Keparawatan

Sementara itu Perwakilan Persatuan Perawat Nasional (PPNI) Cecilia, SKP, M.Kep mengajak para lulusan Keparawatan Esa Unggul yang telah diambil sumpah dan wisuda harus menjalani tahap terakhir untuk mengukuhkan profesionalitas keperawatan mereka yakni dengan mengikuti Uji Kompetensi Keperawatan, karena dengan mengikuti Uji kompetensi tersebut seorang perawat dapat mengupgrade kemampuannya.

Begitu Khidmatnya Prosesi sumpah Profesi Ners

Begitu Khidmatnya Prosesi sumpah Profesi Ners

 

Cecilia pun berharap lulusan keperawatan Esa Unggul dapat menjaga semangat kesejawatan dalam bidang keperawatan karena hal ini penting untuk menumbuhkan rasa profesionalisme dan etos kerja di lingkungan kesehatan.

“Untuk kalian yang sudah diambil sumpahnya kalian harus tumbuhkan semangat kesejawatan antar sesama perawat, bangun sikap perilaku yang profesional dan selalu tersenyum dalam bekerja karena semangat dan etos kerja yang baik merupakan serabut nadi dalam sebuah profesi,” tutupnya.

Sejak pukul 08.00 WIB ruang 811 dipenuhi oleh para lulusan keperawatan untuk diambil sumpahnya. dengan menggunakan baju batik dan gaun kebaya berwarna merah muda, para peserta mengikuti prosesi pengambilan sumpah profesi dengan Khidmat. Selain para peserta, juga hadir para orang tua peserta yang setia menunggu anaknya.


-- Download Prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Profesi Ners as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul