Workshop Nasional Peningkatan Kerjasama Yang Sinergis dan Berkelanjutan Di Bidang Penataan Ruang

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Esa Unggul Menyelenggarakan Workshop Nasional Peningkatan Kerjasama Yang Sinergis dan Berkelanjutan Di Bidang Penataan Ruang, Juni 2015

Share

 

Dalam rangka meningkatkan kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan di penataan ruang, Fakultas Teknik, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota bekerjasama dengan Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia (ASPI), Kementerian Agraria dan Tata Ruang, dan Ikatan Alumni Perencanaan Kota mengadakan Workshop IV ASPI dengan tema “Peningkatan Kerjasama yang Sinergis dan Berkelanjutan di Bidang Penataan Ruang” yang bertempat di Universitas Esa Unggul pada tanggal 5 – 6 Juni 2015.

Tujuan diselenggarakannya Workshop ini antara lain adalah:

Terjaringnya potensi kerjasama antara Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan Ikatan Ahli Perencanaan.

Terjaringnya aspirasi terkait pembahasan kompetensi lulusan perencanaan, kurikulum KKNI dan sertifikasi profesi.

Terformulasikannya agenda persiapan Seminar dan Kongres VII ASPI di Bali yang akan datang.

Topik dan Pembahasan dalam Workshop Nasional Peningkatan Kerjasama Yang Sinergis dan Berkelanjutan Di Bidang Penataan Ruang ini adalah:

Tema Diskusi “Peningkatan Kerjasama yang Sinergis dan Berkelanjutan di Bidang Penataan Ruang : Mewujudkan Masyarakat Perencanaan yang Inklusif”

Moderator                          :   Wilmar Salim, Ph.D

Pembicara Sesi I

  1. Ketua Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia : Prof. Ir. Bakti Setiawan, MA., Ph.D.
  2. Dirjen Penataan Ruang, Kementrian Agraria dan Tata Ruang : Aria Indra, ST., MUM (Kasubid Bidang Kebijakan dan Strategi Nasional)
  3. Ikatan Ahli Perencana (IAP) Bidang Pengembangan Profesi: Hendricus Andy Simarmata, ST., M.Si.

Pembicara Sesi II

Tema Workshop               : “Program, Kegiatan, dan Agenda Kerjasama”

Pembicara                          :

  1. Ketua Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia : Prof. Ir. Bakti Setiawan, MA., Ph.D.
  2. Ikatan Ahli Perencana (IAP): Teti A. Argo, Ph.D

Peserta yang berpartisipasi dalam acara ini antara lain Ketua Program Studi Universitas di Seluruh Indonesia

  1. Universitas Esa Unggul
  2. Universitas Sumatera Utara
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Universitas Gadjah Mada
  5. Universitas Alaluddin, Makassar
  6. Universitas Trisakti
  7. Universitas Tarumanegara
  8. Institut Teknologi Nasional (ITENAS)
  9. Universitas Sam Ratulangi
  10. Universitas Pakuan
  11. Universitas Brawijaya, Malang
  12. Universitas Diponegoro
  13. Universitas Bung Hatta
  14. Institut Pertanian Bogor
  15. Universitas Islam Bandung
  16. Institut Teknologi Indonesia
  17. Institut Teknologi Sepuluh November
  18. Institut Teknologi Sains Bandung
  19. STTNAS
  20. Universitas Andalas, Padang
  21. Universitas Negeri Sebelas Maret
  22. ISU
  23. UNIKOM
  24. UIR
  25. Universitas Hindu Indonesia

Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) adalah suatu asosiasi sebagai wadah sekolah pendidikan tinggi perencanaan yang dengan semangat kebersamaan dan kesetaraan bertujuan untuk bekerja sama secara berkelanjutan dalam mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu perencanaan yang berkarakter, berpandangan sistemik komprehensif, holistik, memiliki kemampuan preskriptif ke masa depan dalam “menyelesaikan” masalah-masalah pembangunan wilayah dan kota berdimensi ruang dan waktu, dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa dan negara yang bermartabat. ASPI bertujuan untuk menjembatani komunikasi antar anggotanya, sehingga mereka mampu tumbuh bersama dan saling mendukung.

ASPI terbentuk atas prakarsa dan dideklarasikan oleh delapan sekolah perencanaan di Indonesia yaitu ITB, UGM, UNHAS, UNDIP, USU, UNAND, UB dan IPB dengan dukungan GTZ pada tahun 2000. Dalam perjalanan selanjutnya, ASPI telah berkembang dengan pesat baik dari segi anggota maupun kegiatan dan kerjasama yang dikembangkan. Hingga saat ini lebih dari empat puluh Program Studi telah tercatat sebagai anggota ASPI baik program Sarjana, magister maupun doktoral yang tersebar dari Medan hingga Jayapura.

Asosiasi ini berupaya mengumpulkan sumber-sumber daya di berbagai program pendidikan di Indonesia guna mendorong kemajuan perencanaan di Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut diselenggarakan  berbagai forum maupun pertemuan ilmiah, pengembangan/ penyempurnaan kurikulum, penelitian-penelitian dan kerjasama.

Workshop 4 ASPI “Peningkatan Kerjasama yang sinergis dan berkelanjutan di bidang penataan ruang” yang diselenggarakan di Universitas Esa Unggul pada tanggal 5 - 6 Juni 2015  merupakan  wadah  pertemuan antar anggota untuk membahas agenda kerjasama, kompetensi lulusan perencana dan penyempurnaan kurikulum KKNI. Melalui Workshop ini, harapannya mampu menjaring kerjasama, aspirasi dan masukan terkait agenda selanjutnya yaitu Seminar dan Kongres VII ASPI di Bali mendatang.

 


-- Download Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Esa Unggul Menyelenggarakan Workshop Nasional Peningkatan Kerjasama Yang Sinergis dan Berkelanjutan Di Bidang Penataan Ruang, Juni 2015 as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Social Profile Design Experts