Program Studi Gizi Berkarya, Kreatif Dan Penuh Manfaat Dengan Kegiatan Pre-Education Mahasiswa Baru Ilmu Gizi TA 2015

Program Studi Gizi Berkarya, Kreatif Dan Penuh Manfaat Dengan Kegiatan Pre-Education Mahasiswa Baru Ilmu Gizi TA 2015

Share

Program Studi Gizi Berkarya, Kreatif Dan Penuh Manfaat Dengan Kegiatan Pre-Education Mahasiswa Baru Ilmu Gizi TA 2015

Kegiatan Pre-Education yang dilakukan oleh Program Studi (Prodi) Ilmu Gizi Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul sangatlah menarik. Kegiatan yang dilakukan selama empat hari ini berlangsung tertib, komunikatif, edukatif dan sangat inovatif. Tidak hanya didukung oleh Dosen dan staf program studi ilmu gizi itu sendiri, namun mahasiswa senior yang tergabung dalam Nutrition Club (NC) sangat mendukung dalam kegiatan tersebut demi menyambut mahasiswa baru yang akan bergabung dengan program studi gizi.

Hari pertama kegiatan Pre-Education, mahasiswa baru diperkenalkan dengan seluruh Dosen tetap dan staf program studi ilmu gizi termasuk Ibu Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan. Dihari pertama ini, Bapak Mury Kuswari, S.Pd., M.Si selaku Ka.Prodi Ilmu Gizi sangat antusias dalam mebuka acara dan memperkenalkan satu persatu Dosen dan Staf Prodi Gizi. Bapak Mury yang sejak hari pertama sudah mendapat julukan Dosen kece ini pun makin banyak digemari oleh mahasiswa baru.

Ada hal yang sangat menarik pada kegiatan SPA kali ini, Bapak Mury menuntun mahasiswa baru untuk aktif dalam sosial media khususnya twitter untuk melakukan tweet setiap kegiatan yang sedang dilaksanakan. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu menjalin komunikasi lebih luas, juga untuk memperkenalkan prodi gizi secara luas dan kegiatan yang sedang dilakukan selama pre-education. Tidak hanya itu saja, dihari pertama ini Ibu Rachmanida Nuzrina, S.Gz., M.Sc memperkenalkan apa itu Antropometri dan bagaimana masing-masing mahasiswa dapat mengukur komposisi tubuhnya dan mengetahui status gizi masing-masing. Terbukti dihari pertama ini, mahasiswa sangat tertarik dan semangat melakukan rangkaian kegiatan dihari pertama.

Tidak kalah menarik lagi kegiatan Pre-Education yang dilakukan Prodi gizi dihari kedua dan ketiga, Bapak Idrus Jus’at, M.Sc., ph.D memberikan arahan kepada mahasiswa baru mengenai bagaimana peluang sebagai ahli gizi dan akan belajar apa saja mahasiswa ilmu gizi nantinya. Pada sesi ini, banyak mahasiswa baru yang bertanya dan penasaran dengan peluang sebagai ahli gizi dan istilah baru terkait gizi yang baru mereka kenal. Hari kedua tidak hanya diakhiri begitu saja, Prodi gizi mengundang para alumni yang sukses untuk mengisi acara dan berbagi dengan mahasiswa baru. Ada dua orang alumni yang sukses baik akademik maupun dalam dunia kerja di bidang gizi yang berbagi dengan mahasiswa baru, dan dua alumni tersebut pun mendapat sambutan dengan tepuk tangan bangga dan meriah dari para peserta.

Kegiatan dihari ketiga yang tidak kalah kreatif adalah english section, dimana pada kegiatan ini semua Dosen Ilmu Gizi dan mahasiswa yang terlibat diharuskan berbahasa inggris selama sesi acara. Acara dimulai dengan pemutaran video berdurasi sekitar 25 menit dalam bahasa inggris bertemakan gizi kemudian masing-masing orang diminta berkomentar dengan bahasa inggris mengenai isi dari video tersebut tanpa kecuali. Bagi yang menggunakan bahasa inggris atau tidak berbicara akan dikenakan sanksi hukuman untuk memeriahkan kegiatan pre-education. Pada acara ini semua Dosen terlibat, mulai dari Bapak Mury, Ibu Rachmanida sebagai host acara, Ibu Vitria Melanie, S.Si., M.Si, Bapak Dudung Angkasa, S,Gz., M.Gz dan Ibu Laras Sitoayu, S.Gz., MKM.

Yang namanya gizi pasti tidak lepas dengan inovasi didunia kulineri, di kegiatan pre-education ini tidak ketinggalan juga masak-memasak, Ibu Putri Ronitawati, SKM memperagakan resep minuman sehat smoothies dan puding soya. Dengan inovasi berbagai resep, resep dibuat didepan kelas, diperagakan dengan melibatkan beberapa mahasiswa baru dan tanpa tunggu waktu lama semua peserta dapat mencicipi resep yang sangat lezat dan sangat menggugah selera dan semangat. Semangat yang ada pada peserta lantas tidak dipadamkan begitu saja, peserta diperkenalkan dan diberikan materi mengenai organisasi kemahasiswaan oleh Ibu Vitria dan tentunya oleh pengurus NC dan HMJ.

Sebagai acara terakhir, hari keempat keakraban dan kekompakkan antara peserta dan Prodi gizi semakin ditunjukkan. Pada hari keempat ini, peserta bersama seluruh Dosen dan Staf Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan melaksanakan olahraga bersama “Aerofun, Aerobik For Fun” yang tentu saja di pandu oleh Bapak Mury selaku instruktur olahraga. Kegiatan Aerofun berlangsung sangat meriah, energik dan semangat. Peserta bersorak penuh semangat dan antusias tinggi dalam mengikuti acara Aerofun.

Sebagai penutup kegiatan pre-education kali ini, peserta memberikan penghargaan kepada para dosen dan pengurus NC dengan memberikan julukan dosen terkece, terasik, terbijak, dsb. Sedangkan dari pengurus NC, mereka mempersembahkan video yang dikutip dari berbagai macam foto candid peserta dan Dosen kemudian dirangkum menjadi satu video menarik untuk dikenang selama acara pre-education 2015 sebagai penutup.

Begitu menariknya kegiatan pre-education yang dilakukan Prodi Ilmu Gizi, sehingga menarik banyak perhatian dan antusias peserta. Hal ini terbukti dari testimoni yang terus berdatangan yang berisikan berbagai kesan-kesan yang sulit terlupakan selama kegiatan hingga beberapa hari kegiatan sudah selesai berlangsung.


-- Download Program Studi Gizi Berkarya, Kreatif Dan Penuh Manfaat Dengan Kegiatan Pre-Education Mahasiswa Baru Ilmu Gizi TA 2015 as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company