Prodi Manajemen Raih Akreditasi “A”

Prodi Manajemen Raih Akreditasi “A”

Share


Prodi Manajemen Raih Akreditasi “A”

Selasa, 08 September 2009

 

Selamat dan sukses atas keberhasilan Program Studi S1 Manajemen Universitas INDONUSA Esa Unggul (UIEU) meraih Akreditasi “A”, SK BAN PT Nomor:023/BAN-PT/Ak-XII/VIII/2009 tanggal 04 September 2009. Program Studi S1 Manajemen UIEU telah meluluskan Sarjana Manajemen dan memperoleh pengakuan masyarakat khususnya para pengguna lulusan berbekal pengalaman yang telah dimiliki maka Program studi ini layak mendapat akreditasi A, karena sangat menjunjung tinggi kejujuran dan keterbukaan, mulai proses input-proses-output. Dengan begitu juga diharapkan ini menjadi bagian dari keterbukaan kepada berbagai pihak untuk bisa melihat dan mengaksesnya, dan bisa bekerjasama dengan berbagai pihak.

13 aspek penting utama mengapa Program Studi Manajemen behasil meraih Akreditasi A :

Kemahasiswaan. (multientry), dapat menerima lulusan SMA/SMK dari berbagai bidang studi, baik sosial maupun eksakta. Upaya untuk meningkatkan animo masyarakat pada program ini ditingkatkan melalui kerjasama kelembagaan dengan instansi/industri.

Dosen dan Tenaga Pendukung. Peningkatan kualitas dosen melalui Training for Trainers (TOT), kegiatan ilmiah, studi lanjut, serta melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dosen memiliki kualifikasi yang baik, bermutu, dan memiliki karya akademik seperti buku, diktat, dan modul kuliah. Ratio dosen dan mahasiswa sudah sangat baik 1: 20 dan sangat sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan.

Kurikulum disusun dengan beban studi 144 sks dan lulus tepat waktu. Struktur dan isi kurikulum sangat relevan dengan visi, misi, tujuan dan sasaran serta sesuai dengan tuntutan stakeholders, sehingga menghasilkan lulusan dengan kualitas akademik, intelektual, professional, peka, responsif, dan dapat dapat bersaing di era global.

Sarana dan Prasarana. Prasarana fisik yang tersedia sangat baik meliputi; ruang kuliah dan dosen, studi dan laboratorium praktikum, seminar, diskusi, pimpinan cukup baik sehingga memberi suasana akademik kondusif terhadap proses belajar mengajar.

Pendanaan. Secara operasional, penerimaan dana yang diperoleh sudah memenuhi kebutuhan pengeluaran biaya operasional yang diperlukan dan cadangan dana investasi yang masih perlu.

Tata pamong (governance). Sistem kepemimpinan partisipatif yang diterapkan terbukti mampu membuat mekanisme kerja menjadi efisien dan efektif. Tingkat partisipasi sivitas akademika cukup baik dalam pengembangan kebijakan, pengelolaan dan koordinasi pelaksanaan program, kemudian mengidentifikasi dan menganalisis masalah serta mencari solusi yang terbaik. Keberadaan peraturan kerja, sistem dan prosedur kerja dan kode etik untuk menjamin kelancaran mekanisme dan etika kerja antar bagian dan antar civitas akademika.

Pengelolaan program. Evaluasi terhadap program studi dilakukan secara internal dan eksternal. Evaluasi internal, melalui penyebaran angket kepuasan mahasiswa terhadap dosen dan pelayanan tenaga pendukung administratif. Secara eksternal dilakukan dengan mengirimkan Laporan Akhir Semester (LAS) secara periodik ke Dirjen DIKTI, evaluasi oleh BAN-PT dan evaluasi dengan penerapan ISO 9001:2000. Kinerja program studi cukup memuaskan, karena didukung oleh sistem pelacakan lulusan yang selalu memberikan saran-saran dan kritik secara langsung dan melalui kuesioner. Kerjasama dan kemitraan selama ini telah terjalin dengan Perguruan Tinggi Lain, Pemda, Industri dan lain-lain. Pertemuan rutin pimpinan, masukan dan saran dari mitra serta lulusan dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan mutu pembelajaran.

Proses Pembelajaran. Strategi dan metode pengajaran disesuaikan dengan materi mata kuliah, untuk mata kuliah yang membutuhkan penalaran maka diperlukan pemahaman lanjutan dalam bentuk studi kasus, praktikum dan praktek di lapangan. Kemajuan belajar ditandai dengan partisipasi aktif mahasiswa dan dosen, dan nilai indeks prestasi mahasiswa.

Suasana Akademik. Prasarana dan sarana yang tersedia cukup memadai untuk melakukan interaksi dosen dan mahasiswa. Penyelenggaraan seminar, lokakarya, bedah buku, symposium dan pameran di tingkat institusi dan luar lingkungan kampus.

Sistem Informasi. Seluruh kegiatan administratif yang menyangkut akademik (KRS, KHS, Transkrip, Penilaian Kemajuan, dll), kemahasiswaan (Biodata, Buku Induk, Status Mahasiswa, dll), keuangan (SPP, Uang Ujian, Registrasi, dll), serta data dosen dan tenaga pendukung menggunakan system informasi terpadu, terdesentralilasi (secara intranet). Fasilitas internet telah tersedia dan dapat diakses oleh setiap sivitas akademika melalui hot spot/Wi Fi.

Sistem Jaminan Mutu (Quality Assurance). Pengelolaan mutu secara internal pada tingkat program studi dilakukan oleh Biro Kendali Mutu dengan berlandaskan pada ISO 9001:2000 yang diterapkan sejak tahun 2002 sampai sekarang.

Lulusan dan Keluaran Lainnya. Kinerja atau hasil pembelajaran penyelenggaraan Program Studi dipantau berdasarkan tolok ukur (1) IPK rata-rata, (2) waktu kelulusan, (3) banyaknya mahasiswa alumni yang telah bekerja. Berdasarkan indicator tersebut, lulusan PS 100 % memiliki IPK > 2,75 dan masa studi kurang dari 4,5 tahun, sedangkan masa tunggu lulusan untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari 3 bulan sebanyak 45 %. Pada umumnya, 80-90 persen lulusan program studi puas dengan proses belajar mengajar dan materi yang telah diterima. Sampai saat ini banyak karya ilmiah dosen yang telah dipublikasikan dalam bentuk buku yang sudah memiliki hak paten.

Penelitian, publikasi, Skripsi dan Pengabdian Masyarakat. Hasil penelitian yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa, setiap semester cukup banyak dan berkualitas, selanjutnya dipublikasikan melalui jurnal/majalah ilmiah. Penelitian tersebut adalah merupakan hasil penelitian yang dilakukan secara mandiri dan berkelompok, yang memperoleh dana dari Sendiri, Yayasan, PT, Pemda, Instansi dll. Kegiatan pengabdian masyarakat dalam tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan, kegiatan ini banyak didukung melalui kerjasama dengan institusi nasional dan internasional.

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul