Program kegiatan bagi Mahasiswa Baru Fakultas Hukum 2015 dalam Pre Education Day

Pre Education Day 2015 Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul

Share

Pre Education Day 2015 Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul

Program kegiatan bagi Mahasiswa Baru 2015 Fakultas Hukum dalam Pre Education Day yang diselenggarakan pada tanggal 18 s.d 22 Agustus 2015, LKBH (Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum) dipercaya untuk mengemban tugas yang ditujukan untuk memberikan pelajaran, pengetahuan, serta menerapkan kesan-kesan yang baik agar mahasiswa baru angkatan 2015 merasa nyaman dan tidak salah dalam memilih Universitas Esa Unggul khususnya dalam memilih Fakultas Hukum yang juga merupakan misi daripada LKBH. Adapun Panitia yang bertugas dalam membina mahasiswa 2015 adalah pengurus daripada LKBH, yang telah diberi tanggung jawab oleh Fakultas Hukum. Untuk susunan acara yang akan diselenggarakan selama Pre Education Day akan dijabarkan sebagai berikut:

 

Selasa, 18 Agustus 2015

Pada awal acara yang diselenggarakan pada tanggal 18 agustus 2015 , tepatnya hari Selasa, Tim Pre Education Day untuk pertama kalinya melaksanakan tanggung jawabnya untuk membimbing mahasiswa baru angkatan 2015 selama 5 hari kedepan. Perlu diketahui, bahwa ini merupakan pengalaman pertama yang didapat bagi seluruh panitia Pre Education Day dikarenakan untuk pertama kalinya Pengurus LKBH mendapat kepercayaan dari Fakultas Hukum Untuk mengemban tugas ini dengan sebaik-baiknya. Diawali dengan perkenalan dari masing-masing peserta, yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan panitia serta penjelasan dan sedikit pembelajaran dari Fakultas Hukum yang dimulai pada pukul 10 s/d 10.30 WIB. Kemudian dilanjutkan acara seminar dengan Tema Pemberdayaan Masyarakat Kampus Dalam Pencegahan, Penyalahgunaan & Pengedaran Berat Narkoba dari Kepala Pembinaan dan Operasi Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKP. Alrasyidin Fajri, yang dimoderatori oleh Sdr. Johannes Bagus Pranowo dengan susunan acara antara lain pemaparan dari pembicara, lalu pertanyaan dari peserta, dan terakhir adalah penyerahan piagam kepada pembicara oleh moderator yang berlangsung dari pukul 10.30 s/d 12.30 WIB. Setelah seminar usai, dilanjutkan istirahat selama 60 menit. Setelah istirahat usai, dilanjutkan dengan perkenalan lingkungan kampus selama 60 menit hingga pukul 15.30 WIB. Terakhir adalah Pemberitahuan Jadwal Kegiatan SPA hingga pukul 16.00 WIB.

 

Rabu, 19 Agustus 2015

Acara Kedua Pre Education Day yang diselenggarakan pada hari Rabu 19 Agustus 2015, diawali dengan seminar yang diselenggarakan pada pukul 09.30 s/d 12.00 WIB dengan Tema Peran Bantuan Hukum dan Advocaat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Bapak Aris Rahmatdadi menjadi pembicara pada seminar kali ini dan ditemani oleh Bapak Wasis Susetio, S.H.,M.H.,M.A dengan mediator adalah Sdr. Panji Mahasyah dengan susunan acara seperti pada umumnya. Setelah seminar usai, dilanjutkan dengan istirahat selama 60 menit hingga pukul 13.00 WIB. Selanjutnya, acara dimulai kembali dengan seminar kedua dengan materi Hukum Acara Pidana yang dibawakan oleh Bapak Nugraha, S.H.,M.H. Selama kurang lebih 60 menit hingga pukul 14.00 WIB. Selanjutnya setelah seminar kedua usai, dilanjutkan dengan tayangan Moot Court yang sebelumnya telah dipraktekan oleh Tim Pre Education yang diperuntukan agar Mahasiswa angkatan baru tersebut dapat memahami terlebih dahulu sebelum mereka melakukan praktek simulasi moot court pada keesokan harinya.

Kamis, 20 Agustus 2015

Acara Ketiga Pre Education Day yang diselenggarakan pada hari Kamis 20 Agustus 2015, memuat agenda Praktek Moot Court yang dilaksanakan dan terbagi dalam dua seksi. Seksi satu, dibagi menjadi dua kelompok yang terdiri atas 12 anggota perkelompok yang di jadwalkan pada pukul 09.00 s/d 12.00 WIB. Sebelum acara Praktek Moot Court seksi dua dilanjutkan, terlebih dahulu semua mahasiswa baru dipersilahkan untuk beristirahat. Seusai istirahat, seksi selanjutnya pun dimulai. Seksi dua yang terdiri dari tiga kelompok yang anggotanya berjumlah sama dengan seksi satu, memulai praktek simulasi persidangan semu yang di jadwalkan pada pukul 13.00 s/d 16.00 WIB. Setelah usai, pemilihan kelompok terbaik dilaksanakan dan ini merupakan acara terakhir untuk hari ini.

Jumat,  21 Agustus 2015

Acara Keempat Pre Education Day yang diselenggarakan pada hari Jumat 21 Agustus 2015, dibuka dan diawali dengan seminar yang diselenggarakan pada pukul 09.00 s/d 11.00 WIB dengan Tema Kesiapan Lembaga Penegak Hukum Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Bapak Binsar M. Gultom, S.H.,S.E.,M.H, selaku Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dan Bapak Toton Rasyidin, S.H., M.H selaku Jaksa Penuntut Umum, menjadi pembicara pada acara seminar kali ini serta ditemani oleh moderator bapak Agus Pribadiono, S.H.,M.H. Setelah seminar usai, saatnya untuk memulai acara selanjutnya dengan agenda kunjungan dan audiensi ke Mahkamah Konstitusi pada pukul 13.30 s/d 16.00 WIB. Di Mahkamah Konstitusi, semua Peserta diajak untuk mendengarkan penjelasan dari pembicara yang didelegasikan oleh Mahkamah Konstitusi untuk memenuhi hasrat pengetahuan serta mendapatkan wawasan lebih luas mengenai arti penting dari adanya suatu lembaga, salah satunya adalah Mahkamah Konstitusi. Setelah itu, Peserta dan Panitia diajak untuk memasuki Pusat Sejarah Konstitusi yang berada di Lt.5 dan Lt.6. Para Peserta semakin antusias dan mengeksplorasi apa saja yang terdapat dalam Pusat Sejarah Konstitusi tersebut. Pada pukul 16.00 WIB, peserta pun puas dan kegiatan hari ini pun di akhiri dengan kembali ke kampus untuk dilakukan absensi pulang.

Sabtu, 22 Agustus 2015

Hari ini merupakan puncak acara sekaligus penutup Pre Education Day tahun 2015 ini. Dibuka dengan acara seminar yang bertema Penguatan Lembaga Arbitrase Untuk Penyelesaian Sengketa Bisnis Memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN pada pukul 09.00 s/d 12.00 WIB. Dengan bapak Firmansyah, S.H, sebagai pembicara dan juga selaku delegasi dari bapak Iswayudi .A Karimsyah, yang seharusnya beliau lah yang menjadi pembicara namun tidak dapat hadir dikarenakan adanya kesibukan lain. Setelah acara seminar pertama selesai, maka acara selanjutnya dilanjutkan dengan agenda makan bersama di taman Universitas Esa Unggul hingga pukul 12.45 WIB. Kebersamaan dan keceriaan terlihat ketika para peserta duduk bersama dengan panitia untuk makan bersama. Canda dan tawa pun hadir ditengah-tengah hangatnya kebersamaan antara peserta dengan panitia. Seusai makan bersama, pada pukul 13.00 s/d 14.00 WIB acara seminar kedua dimulai dengan agenda Perkenalan dan Share Pengalaman bersama Sdr. Alexander Waas, S.H selaku pembicara yang ditemani oleh Sdr. Johannes Bagus Pranowo.

 

(Penulis : Revan Akbari Rala & Tasya Rizka)


-- Download Pre Education Day 2015 Mahasiswa Baru Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul