Pelatihan ” Refreshing Methodology Research Psychology”

Pelatihan ” Refreshing Methodology Research Psychology”

Share




Pelatihan ” Refreshing Methodology Research Psychology”

Rabu, 16 Mei 2012

Di dalam pendidikan tinggi, seorang mahasiswa akan mencapai gelar kesarjanaannya ketika mereka berhasil melewati seluruh tuntutan tugas-tugasnya.

Di antaranya adalah SKRIPSI.  SKRIPSI merupakan satu tugas akhir yang harus dilalui dan di selesaikan oleh setiap mahasiswa yang ingin mendapatkan gelar dalam pendidikannya.

Di beberapa fakultas  di Universitas Esa Unggul, salah satunya Fakultas Psikologi, SKRIPSI yang memiliki bobot sebesar 6 sks,  sepertinya telah menjadi “momok” yang cukup menakutkan dan membuat sebagian mahasiswa “bergidik” ketika mendengar kata SKRIPSI. Mengapa demikian ? Lamanya waktu pengerjaan dan penyelesaian SKRIPSI pada mahasiswa-mahasiswa yang sedang menjalani SKRISPI telah membentuk kesan yang kurang menyenangkan, baik bagi mahasiswa SKRIPSI tersebut maupun yang akan mengambil SKRIPSI.

Dari beberapa data yang dikumpulkan oleh Tim Fakultas Psikologi, diketahui beberapa faktor eksternal dan beberapa faktor internal yang menjadi hambatan dalam penyelesaian SKRIPSI. Faktor eksternal, seperti sulit mencari buku/jurnal (referensi), bingung dalam menentukan variabel penelitian, tidak paham metode penelitian (statistik), dan pembimbing. Sedangkan Faktor internal, seperti, malas, kurang mampu mengatur waktu, bekerja, kurang termotivasi, dan tidak ada tempat berbagi masalah (diskusi).

Untuk mengatasi hambatan tersebut, Fak. Psikologi telah mengadakan kegiatan berupa penyegaran metodologi penelitian (refreshing research methodology), bagi dosen pembimbing dan seluruh mahasiswa psikologi, khususnya mahasiswa semester V, VI, dan VII. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk menyegarkan kembali pemahaman tentang  metodologi penelitian dalam psikologi dan tentu saja  pengetahuan mengenai strategi penyelesaian skripsi sehingga menjadi lebih mudah dan sederhana. Pada kegiatan ini peserta ini juga diberikan wawasan mengenai langkah-langkah menyusun latar belakang, mengidentifikasi masalah, mengakses jurnal sampai dengan penggunaan uji statistik yang tepat untuk data penelitian tertentu.

 

Pelatihan berlangsung secara interaktif. Seluruh peserta diperkenankan bertanya secara langsung kepada Bpk. Dr. Iman Setyabudi, M.Si., MM selaku pembicara mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan topik penelitiannya. Kepiawaian Bpk. Dr. Iman Setyabudi, M. Si., MM., dalam bidang penelitian dan cara menjelaskan yang sistematis dan praktis membuat peserta mudah memahami apa yang disampaikan oleh pembicara. Selain pengetahuan, pembicara juga memberikan sharing pengalaman dalam meneliti kepada para peserta pelatihan, dan juga contoh SKRIPSI yang telah dinilai layak dan benar sesuai dengan metodologi penelitian yang berlaku. Di akhir sesi pembicara menyampaikan pesan kepada seluruh calon peneliti untuk banyak membaca, membaca, dan membaca.

Sebagai informasi, penelitian ini diikuti oleh 61 peserta, yang terdiri atas mahasiswa psikologi program karyawan dan reguler, dan beberapa dosen pembimbing SKRIPSI. Kegiatan ini di koordinasi oleh Ibu Yuli A. Rozali, Siti Alia Fitriati, dan Ibu Safitri, serta Ibu Sulis Mariyanti selaku penanggungjawab kegiatan. Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh semua pihak, semoga bermanfaat dan sampai ketemu di pelatihan-pelatihan lainnya.

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul