Pelatihan Pembimbing Klinik “Penerapan Metode Presetorship”

Pelatihan Pembimbing Klinik “Penerapan Metode Presetorship”

 

Pelatihan Pembimbing Klinik “Penerapan Metode Presetorship” oleh Universitas Esa Unggul Bekerjasama dengan RSPAD Gatot Soebroto DITKESAD

Universitas Esa Unggul mengadakan Pelatihan Pembimbing Klinik “Penerapan Metode Presetorship” yang bekerja sama dengan RSPAD Gatot Soebroto DITKESAD. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Januari 2016, di ruang PANDEMI Lt. 1 Paru, serta ruang IGD, Perawatan Umum, Perawatan Paru dan Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Jakarta Pusat. Peserta pelatihan terdiri dari pegawai atau staff Universitas Esa Unggul dan Perawat dari masing-masing ruangan (Ruang Gadar, ICU, Perawatan Anak, Perawatan umum 1, 2, 5, Perawatan Bedah dan Perawatan Paru).

Sikap profesional peserta didik dapat ditumbuhkan di lahan praktek, jika di tatanan pelayanan keperawatan mendukung, berupa fasilitas, pembimbing klinik, metoda pembelajaran klinik, pasien dan asuhan keperawatan. Lahan praktek keperawatan merupakan komponen pendidikan yang perlu mendapat perhatian bagi para pengelola lahan praktek. Dengan adanya lahan praktek yang baik dapat dikembangkan pengalaman belajar klinik/lapangan dengan benar.

Sarana yang harus ada antara lain adanya perawat profesional sebagai pembimbing klinis atau “preceptor” yang melakukan preceptorship bagi perawat lapangan sehingga, tumbuh kembang profesi dapat berkembang bagi perawat. Diperoleh melalui bimbingan pembelajaran klinik untuk memberi pengalaman nyata dan membantu peserta mencapai kompetensi yang sesuai yang ditetapkan. Pembimbing klinis memiliki beberapa peran penting, antara lain perencana, penyedia informasi, fasilitator pembelajaran, pengembang sumber daya, dan penilai pembelajaran.

Tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini tercapai dengan baik yaitu peserta mengerti dan paham mengenai konsep preceptor dalam bimbingan klinik, seperti peserta mampu merencanakan kegiatan yang akan dilakukan saat proses bimbingan klinik, peserta mampu mempraktikkan langsung konsep preceptor yang diterapkan baik pada perawat baru maupun mahasiswa/i.

Tim Pelaksana

Fasilitator :

Dr. Widaningsih, S.Kp.,M.Kep

Yana Zahara, S.Kp.,M.Kep

Tim pendukung :

Yuliati, S.Kp.,MM.,M.Kep

Anti, S.Kp.,M.Kep

Ns. Ratna Dewi, S.Kep.,M.Kep

Yayah Karyanah, S.Sos.,MM

Ns. Abdurrasyid, S.Kep

Ns. Shinta Anggrain, S.Kep

Proses Pelatihan Pembimbing Klinik

Proses Pelatihan Pembimbing Klinik