Partisipasi Mahasiswa Universitas Esa Unggul Dalam Gerakan Kewirausahaan Nasional, Penganugerahan Wirausaha Mandiri 2014, dan Workshop Wirausaha Mandiri 2015

Partisipasi Mahasiswa Universitas Esa Unggul Dalam Gerakan Kewirausahaan Nasional, Penganugerahan Wirausaha Mandiri 2014, dan Workshop Wirausaha Mandiri 2015

Share

Program Wirausaha Mandiri merupakan salah satu kontribusi Bank Mandiri bagi pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia, yang fokus pada generasi muda yang merupakan generasi penerus bangsa. Pada hari Kamis, 12 Maret 2015 diselenggarakan peresmian Gerakan Wirausaha Nasional 2015 di Jakarta Convention Centre (JCC) yang diselenggarakan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Acara ini buka langsung oleh Presiden RI – Joko Widodo.  Dalam kegiatan ini Universitas Esa Unggul mengikutsertakan 200 orang mahasiswa didampingi oleh Warek III Bapak Ari Pambudi, Departemen Kemahasiswaan beserta Ketua BEMU Esa Unggul Sdr Aditya Firdausi, Ketua DPMU sdr Ridwan Fadillah.

Dalam acara yang diikuti oleh ratusan wirausaha muda dan ribuan mahasiswa sebagai calon wirausaha‎ tersebut, Jokowi berjanji akan memberikan modal kepada beberapa pemenang Mandiri Young Entrepeneur. Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman Hadad dan Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin.‎  Peresmian Gerakan Wirausaha Nasional 2015 di JCC tersebut digelar bersama dengan Expo wirausaha sekaligus Penghargaan dan Workshop Wirausaha Muda Mandiri (WMM), Mandiri Young Technopreneur (MYT) dan Wirausaha Sosial Mandiri (WSM) 2014. Expo yang berlangsung pada 12-15 Maret 2015 itu akan diikuti ratusan wirausahawan muda binaan Bank Mandiri.

Direktur Utama Bank Mandiri Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ajang ini telah menghasilkan 20 jawara pengusaha dan inovator muda potensial yang siap berkontribusi aktif dalam membangun Indonesia. Selain penghargaan, para jawara tersebut juga akan mendapatkan bantuan pengembangan bisnis serta pendampingan dalam pengelolaan keuangan dan pemasaran.  “Ajang kompetisi kewirausahaan ini juga telah menginspirasi banyak generasi muda untuk menerapkan konsep out of the box dalam menyusun rencana masa depan, termasuk pengembangan bisnis, tentu saja dengan mempertimbangkan tren, kondisi lingkungan dan sumber daya yang dimiliki,” kata Budi dalam ajang Gerakan Kewirausahaan Nasional 2015 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2015).

Dia melanjutkan, Bank Mandiri juga menggelar Workshop Wirausaha Mandiri yang diikuti 3.500 peserta yang terdiri dari 3.300 mahasiswa dan dosen dari 50 perguruan tinggi se-Jabodetabek dan 200 undangan dari alumni WMM, wirausaha pemula binaan Kementerian Koperasi dan UKM, akademisi, IWAPI serta Dekranas. “Pada workshop tersebut, peserta dapat bertukar pikiran dengan para pembicara terkemuka seperti Bill Reichert dari Garage Ventures, Mira Lesmana dari Miles Studio, Dian Sastro dengan usaha kecantikan, Christian Sugiono dari Malesbanget.com, Fajrin Rasyid dari Bukalapak.com dan William Tunggaldjaja dari CEO Path Indonesia,” pungkas Budi.

Pelaksanaan program ini dilatarbelakangi dari keprihatinan Bank Mandiri terhadap besarnya jumlah pengangguran di Indonesia, terutama dari kalangan generasi muda. Program Wirausaha Muda Mandiri bertujuan untuk mengubah pola pikir mahasiswa maupun kaum muda lainnya agar mau melakukan kewirausahaan, sehingga dapat membantu mengurangi ketergantungan pada ketersediaan lapangan kerja. Kegiatan yang diselenggarakan antara lain Workshop, Penghargaan Wirausaha, Beasiswa, dan Modul Kewirausahaan.


-- Download Partisipasi Mahasiswa Universitas Esa Unggul Dalam Gerakan Kewirausahaan Nasional, Penganugerahan Wirausaha Mandiri 2014, dan Workshop Wirausaha Mandiri 2015 as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul