Media Sosial Ujung Tombak Promosi Wisata Indonesia

Media Sosial Ujung Tombak Promosi Wisata Indonesia

Share


Media Sosial Ujung Tombak Promosi Wisata Indonesia

Media Sosial Ujung Tombak Promosi Wisata Indonesia

Media Sosial Ujung Tombak Promosi Wisata Indonesia

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Salah satu cara yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan destinasi wisata di Indonesia ialah melalui program Pesona Indonesia. Bekerjasama dengan Oz Radio, program yang bertajuk “Oz Radio Masuk Kampus Bersama Pesona Indonesia” dilaksanakan di Ballroom Aula Kemala Universitas Esa Unggul.

Langkah yang dilakukan Oz Radio dan Pesona Indonesia mengadakan acara ini bertujuan meningkatkan jumlah partisipasi wisatawan kalangan anak muda untuk melakukan perjalanan ke berbagai tempat wisata yang menarik di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Kasubid Media Elektronik Kementerian Pariwisata Hafidz Agung ketika menyampaikan materinya saat workshop.

Menurut Hafidz potensi wisata anak muda ini sangat besar, apalagi ditopang oleh luasnya pengaruh sosial media di kalangan anak muda saat ini sehingga pemasaran terhadap tempat-tempat yang menarik sangat mudah diketahui.

“Tujuan kita mengadakan workshop ini, lebih untuk menarik generasi muda terutama mahasiswa supaya mau berwisata ke tempat-tempat yang indah di Indonesia. Apalagi medsos saat ini kan luar biasa banget,” terang Hafidz, di Ballroom Aula Kemala, Universitas Esa Unggul,  Selasa (09/05/2017).

Pria berkaca mata ini pun menambahkan efek media sosial terhadap promosi wilayah-wilayah Indonesia sangat besar, hal ini dibuktikan dari analisa yang dilakukan oleh Kementrian Pariwisata, kebanyakan anak muda yang berkunjung ke tempat wisata lebih disebabkan oleh promosi dari medsos terutama dari travel vlogger dan blogger.

“Saat kita survei, kebanyakan generasi muda yang melakukan travel mereka mengetahui wisata Indonesia dari media sosial seperti Instagram, Facebook dan YouTube. Selain dari media sosial kita memanfaatkan repeater atau promosi dari mulut ke mulut,” terangnya.

Gemala Hanafiah, Hafidz Agung dan Rama Anugrah

Gemala Hanafiah, Hafidz Agung dan Rama Anugrah

Sementara itu Program Director OZ Radio Rama Anugrah mengatakan acara ini membuktikan promosi terhadap tempat-tempat wisata Indonesia saat ini sangatlah mudah dan tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional. Untuk itu, Oz radio dan Pesona Indonesia dalam workshop ini akan membagikan hadiah bagi para peserta yang membuat video traveling ke tempat-tempat wisata dengan mengirimkannya ke Instagram Pesona Indonesia.

“Jadi program kerjasama kami (Oz Radio) bersama Pesona Indonesia ditujukan agar para anak muda mau membagikan pengalaman traveling mereka, sehingga banyak anak muda lainnya yang terpengaruh untuk ikut berwisata, nantinya kita kasih hadiah bagi yang menguploadnya foto maupun video di tempat-tempat wisata,” katanya.

Acara Workshop OZ Masuk Kampus bersama Pesona Indonesia ini menghadirkan berbagai narasumber yang berkompeten di bidangnya, selain dari Kementerian Pariwisata dan Oz radio, travel vlogger terkenal yakni Gemala Hanafiah juga di dihadirkan sebagai pembicara. Salah satu materi yang disampaikan oleh Gemala ialah tips-tips menguggunakan sosial media bagi para travel vlogger dan blogger. Acara ini sendiri dihadiri oleh 93 peserta yang kebanyakan merupakan mahasiswa Fakultas Komunikasi Esa Unggul.


-- Download Media Sosial Ujung Tombak Promosi Wisata Indonesia as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul