Lokakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi

Lokakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi

Share


Lokakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi

Senin, 01 Agustus 2011

Selama dua hari berturut-turut sejak 25 s.d 26 Juli 2011 di Universitas Esa Unggul berlangsung Lokakarya Kurikulum Berbasis Kompetensi yang membahas Kerangka Kualifikasi Nasional Indoensia (KKNI) dan hal – hal terkait dengan pembelajaran.  Lokakarya ini tentu saja sangat penting diketahui oleh pengajar yang banyak berkecimpung di bidang pendidikan, karena dari acara tersebut diharapkan timbul persamaan persepsi di bidang penyempurnaan kurikulum berbasis kompetensi, seperti yang dibahas oleh dua pembicara yang pakar di bidangnya, yakni DR. Megawati Santoso dari ITB dan DR. Silvy Dewayani dari UGM.

Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Esa Unggul, DR. Arief Kusuma itu dihadiri kurang lebih 80 orang yang sebagian besar Dekan, para Dosen, dan Staff UEU.  Rektor Universitas Esa Unggul dalam kata sambutannya mengharapkan agar dalam proses pengajaran dapat memberikan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan tuntutan dunia industry melalui hard skill, soft skill yang kompetitif.

DR. Megawati lebih banyak menyoroti tentang kualifikasi KKNI pada peningkatan mutu sumber daya manusia nasional dan peran Kementrian Pendidikan  Nasional dalam peningkatan mutu SDM Nasional berbasis KKNI.

Sementara DR. Silvi lebih banyak mengupas tentang metode belajar student center learning yang mampu menghasilkan lulusan yang kompeten. Tidak semua hal bisa diajarkan, tapi semua hal bisa dipelajari,”kata DR. Silvi dihadapan para peserta. Kemampuan mengajar para dosen harus mampu membuat mahasiswa lebih aktif dan dosen berperan sebagai fasilitator,” ungkap Ibu Silvy.

Acara yang digagas oleh Fakultas Psikologi dan Fakultas Ekonomi ini, tentu patut kita ancungkan jempol mengingat begitu banyak permasalahan yang akan kita hadapi ke depannya, terutama dalam kegiatan belajar mengajar.(Is/Est)

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Floating Social Media Icons Powered by Acurax Blog Designing Company