Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, PUM (Programma Uitzending Managers) sebuah lembaga konultasi enterpreneurship yang berbasis di negara kincir angin Belanda melakukan kunjungan ke Universitas Esa Unggul. Kunjungan PUM ini diselingi dengan diskusi dan workshop terkait UKM Binaan yang ada di Esa Unggul beserta Inkubator Bisnis yang berjalan di kampus.

Dalam diskusi dan workshop yang diikuti oleh sejumlah civitas Esa Unggul tersebut, salah satu Profesor Konsultan dari Belanda Franz Stel menerangkan terkait permasalahan yang dialami Usaha Kecil Menengah di Indonesia terutama para anak muda yang baru memulai usaha.

 

Dosen Avans University belanda ini mengatakan ada 3 kunci utama agar anak muda mampu menjadi Enterpreneur sejak dini yakni Fleksible, Bekerjasama dan mempunyai daya tahan. ” Tiga hal utama yang harus dimiliki oleh generasi muda untuk menjadi Enterprenur sukses, yang pertama Fleksible, Tim dan Endurance,” Terang Franz dengan menggunakan bahasa Inggris, di Esa Unggul beberapa waktu yang lalu.

Suasana Saat Diskusi dan Workshop

Suasana Saat Diskusi dan Workshop

Dirinya pun mengapresiasi sejumlah langkah yang dilakukan oleh Universitas Esa Unggul untuk mendukung para Enterprenur muda. Salah satunya ialah sejumlah UKM Binaan yang dimiliki oleh Universitas Esa Unggul, menurutnya langkah Esa Unggul untuk membina UKM Binaan sangat tepat, karena Esa Unggul sendiri memiliki visi menjadi kampusnya para Enterpreneur di Indonesia.

Franz pun berharap dari kunjungan yang diselingi dengan diskusi bersama para Civitas Esa Unggul dapat memberikan angin segar bagi para UKM Binaan di Esa Unggul. Dan dari lembaga PUM membuka kesempatan untuk melakukan kerjasama dan pendampingan terhadap berbagai UKM Binaan yang ada di Indonesia khusunya di Esa Unggul. “Saya sangat tertarik dengan UKM di Esa Unggul, mereka memiliki semangat untuk berkembang untuk menjadi lebih baik,” tutupnya.

Selain Franz, dalam kunjungan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari STIE INABA Bandung yang juga ikut dalam diskusi dan workshop mengenai Inkubator Bisnis. Kunjungan ini pun diakhiri dengan foto bersama antara Franz Stel dan Rektor Universitas Esa Unggul Dr.ir. Arief Kusuma, M.B.A bersama para jajarannya.