Lembaga Dakwah Islami Melakukan Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) 2015 di Kp. Lemah Duhur, Gunung Bunder, Bogor

Lembaga Dakwah Islami Melakukan Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) 2015 di Kp. Lemah Duhur, Gunung Bunder, Bogor

Share

Studi wisata islam terpadu (switer) merupakan salah salah satu acara tahunan yang diselenggarakan oleh unit kegiatan mahasiswa (UKM) ldk ikmi universitas esa unggul, dimana yang melatarbelakangi acara ini ialah menemukan dan mengasah kepemimpinan yang islami terhadap setiap kader . Dimana menjadi seorang pemimpin adalah hal yang wajib dilaksanakan oleh semua orang, terutama menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Sebagai umat muslim, kita harus menjadi pemimpin yang dicintai ALLAH dan manusia, hal ini dapat diraih dengan mengikuti sifat-sifat kepemimpinan rasulullah saw yang merupakan pemimpin terbaik sepanjang masa.

Zaman telah berubah, kejayaan islam sudah menanti di depan mata. Diperlukan kesiapan yang baik bagi diri sendiri untuk menghadapi berbagai perubahan yang menuntut manusia untuk selalu bertaqwa, berkarya dan berprestasi. Dengan mengenal alam, mengenal ALLAH, mengagungkan ciptaan-NYA, maka manusia dapat mengenal dirinya sendiri, sehingga lebih mudah untuk memimpin dan dipimpin. Adapun tema SWITER tahun 2015 ini adalah “Prepare Yourself for the Brighter Future of Islam” dengan tema tersebut kami memiliki tujuan yaitu :

  • Kaderisasi anggota LDK IKMI
  • Menyiapkan diri menghadapi perubahan zaman
  • Membentuk pribadi muslim berjiwa pemimpin dan berjiwa sosial
  • Menyusuri keindahan alam ciptaan ALLAH
  • Belajar menjaga alam sebagai tugas utama seorang pemimpin

Kegiatan switer 2015 ini Alhamdulillah telah kami laksanakan pada tanggal 20 s/d 22 Maret 2015 lokasi yang kami kunjungi adalah Desa Binaan Esa Unggul yaitu di Kamp. Lemah Duhur, Gunung Bunder, Bogor. Dimana kegitan dilaksanakan tentunya memiliki nuansa Islam dan tetap pada koridor kegiatan melatih dasar kepemimpinan, yaitu adapun kegiatan yang kami lakukan:

  • Pelatihan dasar kepemimpinan yaitu dalam bentuk outbound dan mentoring
  • Bakti sosial
  • Rihlah

Pelatihan dasar kepemimpinan adalah suatu kegiatan yang bertujuan menumbuhkan rasa percaya diri pada para perta untuk menjadi pemimpin, kegiatan dilaksanakan dengan metode praktikum dan dibarengi dengan teori, dimana praktikum kami lakukan dengan menggunakan metode outbond dan pada kegiatan teori ialah kami berikan kajian dengan menghadirkan para pembicara yang tentunya berkompeten.

Kemudian selain pelatihan kami juga mengadakan bakti sosial kepada anak anak panti asuhan yang dinaungi Panti Asuhan Yayasan Birrul Waalidain Bogor, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan sifat rasa ingin berbagi kepada sesama dengan begitu, diharapkan kegiatan bakti sosial ini bisa melahirkan pemimpin yang arif dan bijaksana serta berjiwa sosial. Hal ini ini tidak akan terselenggara tanpa bantuan dari para donatur yang telah menyalurkan sedikit rezekinya, maka dari itu kami juga selaku panitia mengucapkan terimakasih kepada semua donatur yang telah memberi kepercayaan kepada LDK IKMI.

Selanjutnya acara yang ketiga yaitu rihlah dimana kami berkunjung di tempat yang tidak jauh dari lokasi kegiatan kami yaitu Air Tejun Cigamea, rihlah ini bertujuan selain melepas kelelahan dan merupakan ajang rekreaksi setelah melalui dua tahap sebelumnya dan tidak lupa juga sebagai cara meyakinkan bahwa adanya kuasa ALLAH dalam menciptakan keindahan alam yang begitu sempurna, sehingga para peserta mendapatkan ilmu baru dan tentu bermanfaat dan dapat meningkatakan keimanan sehingga mampu menjadi pempin kuat akan iman, pengetahuan dan pendiriannya dan tentunya yang berlandaskan asas Islam.


-- Download Lembaga Dakwah Islami Melakukan Studi Wisata Islam Terpadu (SWITER) 2015 di Kp. Lemah Duhur, Gunung Bunder, Bogor as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company