Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi Mengacu pada KKNI

Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi Mengacu pada KKNI

Share

Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi Mengacu pada KKNI

Pembicara Dr.Ir. Illah Sailah, MS

 

Universitas Esa Unggul melalui Biro Sumber Daya Manusia  (BSDM) dalam rangka perubahan kurikulum Universitas yang mengacu pada KKNI  meyelenggarakan Workshop , penyusunan kurikulum berbasis KKNI, dengan pembicara Dr.Ir. Illah Sailah, MS,(Koordinator KOPERTIS Wilayah 3) senin 23 januari 2017, r 207 , di hadiri oleh Rektor, wakil rektor, dekan, kaprodi dan dosen universitas esa unggul, acara di buka langsung oleh Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief kusuma,A.P,MBA. dan diakhiri oleh sesi Tanya jawab serta penyerahan cinderamata dari esa unggul kepada nara sumber.

Dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Lampirannya yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional, juknis Perpres ini Permendikbud no. 73 Tahun 2013

Terbitnya Perpres No. 08 tahun 2012 dan UU PT No. 12 Tahun 2012  Pasal 29 ayat (1), (2), dan (3) telah berdampak pada kurikulum dan pengelolaannya di setiap program. Kurikulum yang pada awalnya mengacu pada pencapaian kompetensi menjadi mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes). Secara ringkas KKNI terdiri dari Sembilan level kualifikasi akademik SDM Indonesia.

Dengan adanya KKNI ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata Ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal, non formal, atau in formal) yang akuntanbel dan transparan.

Pelaksanaan KKNI melalui 8 tahapan yaitu melalui penetapan Profil Kelulusan, Merumuskan Learning Outcomes, Merumuskan Kompetensi Bahan Kajian, Pemetaan LO Bahan Kajian, Pengemasan Matakuliah, Penyusunan Kerangka kurikulum, Penyusuan Rencana Perkuliahan.

Kompetensi adalah akumulasi kemampuan seseorang dalam melaksanakan suatu deskripsi kerja secara terukur melalui asesmen yang terstruktur, mencakup aspek kemandirian dan tanggung jawab individu pada bidang kerjanya.

Capaian Pembelajaran (learning outcomes) merupakan internalisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, ketrampilan, sikap, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja.

Untuk meningkatkan kualitas lulusan perguruaan tinggi. Rambu-rambu yang harus dipenuhi di tiap jenjang perlu dapat membedakan:

  1. Learning Outcomes
  2. Jumlah sks
  3. Waktu studi minimum
  4. Mata Kuliah Wajib : untuk mencapai hasil pembelajaran dengan kompetensi umum
  5. Proses pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa
  6. Akuntabilitas asesmen
  7. Perlunya Diploma Supplement (surat keterangan pelengkap ijazah dan transkrip)

 

Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi Mengacu pada KKNI

Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi Mengacu pada KKNI


-- Download Kurikulum Nasional Berbasis Kompetensi Mengacu pada KKNI as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul