Kunjungi Esa Unggul, Anies Baswedan Berikan Seminar Menjadi Insan Muda yang Unggul di Masa Depan

Kunjungi Esa Unggul, Anies Baswedan Berikan Kuliah Umum Menjadi Insan Muda yang Unggul

Share


Penyerahan Cinderamata anatara Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma dengan Anies Baswedan

Penyerahan Cinderamata anatara Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma dengan Anies Baswedan

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Gubernur Jakarta terpilih Anies Rasyid Baswedan menyampaikan kuliah umumnya di Universitas Esa Unggul. Dalam Seminar yang bertajuk “menjadi mahasiswa unggul” Anies membagikan beberapa rahasia kepada mahasiswa tentang bagaimana menjadi insan yang unggul di masa depan.

Menurut Anies Baswedan kiat pertama yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa untuk menjadi insan yang unggul yakni Mahasiswa harus mampu berpikir secara kritis, jangan hanya berpikir secara teoritis. Hal ini menurutnya sangat penting dikarenakan jika anak muda dapat berpikir secara kritis maka jendela kreatifitas akan terbuka dengan sangat lebar.

“Mahasiswa itu harus mampu berpikir secara kritis jangan hanya menunggu, coba kalian tulis dan pikirkan secara kritis apa yang akan kamu lakukan pada 2027 apa yang harus berubah dari Indoneia ini. Jika kalian hanya berpikir Teoritis jawaban-jawaban seperti itu akan sulit dijawab, karena dengan berpikir kritis kalian diajarkan bukan hanya menerima apa yang telah kalian miliki namun harus merubah apa yang kalian miliki agar menjadi lebih baik,” tutur Anies di Ballroom Aula Kemala, Selasa (19/09/2017).

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini pun menambahkan mahasiswa yang unggul selain kritis juga harus memiliki karakter yakni karakter kinerja dan karakter moral. Cara yang paling mudah untuk menumbuhkan karakter tersebut ialah dengan aktif berorganisasi tanpa meninggalkan aktivitas akademiknya.

Dua karakter ini Anies melanjutkan, akan sangat berguna nantinya bagi mahasiswa yang telah lulus dan keluar kampus untuk masuk ke dunia kerja. Karena kedua karakter itu akan menjadi penilaian seseorang dalam bekerja.

“Mahasiswa itu harus mengembangkan dua karakter yakni karakter kesopanan seperti jujur, adil dan sopan serta karakter kinerja yakni ulet, tangguh, berani, teliti. Kedua karakter ini semuanya saling berhubungan satu dengan yang lainnya, jadi tidak hanya satu saja yang ditonjolkan melainkan keduanya harus dapat sinkron berjalan” ujar Anies.

Selanjutnya cara yang lain untuk membentuk Mahasiswa yang Unggul yakni mahasiswa harus meningkatkan daya baca. Pria yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan ini mengatakan seorang anak muda yang ingin sukses masa depannya harus mau meningkatkan literasi membacanya, karena dengan membaca seorang mahasiswa dapat membuka wawasannya lebih luas, tidak terkurung dengan pikiran yang itu-itu saja.

“Literasi minat membaca di Indonesia itu tinggi terbukti dengan banyak dari kita asik dengan membaca Whatsapp, namun ketika disugguhkan dengan bacaan serius minat itu langsung berkurang. Untuk itu bukan hanya meningkatkan minat baca saja, anak muda terutama mahasiswa harus mengembangkan kemapuan daya baca karena dengan kemampuan tersebut keunggulan seorang mahasiswa akan meningkat,” ucap suami Fery Farhatin Ganis ini.

Suasana Saat Seminar dan Kuliah Umum Menjadi Mahasiswa Unggul

Suasana Saat Seminar dan Kuliah Umum Menjadi Mahasiswa Unggul

Dia pun berharap mahasiswa Esa Unggul dapat menerapkan kemampuan baik dari segi akademis maupun dari segi kemampuan berorganisasi agar mereka dapat menjadi insan yang unggul dalam segala bidang yang dapat menjadi bekal mereka kelak di masa depan.

“Mahasiswa Esa Unggul harus dapat memiliki peran ganda yakni kemampuan akademis dan organisasi keduanya harus berjalan dengan sinkron, mungkin lebih banyak mahasiswa yang mementingkan nilai IPK, padahal itu hanya mengatarkan mereka ke meja wawancara saja namun yang menetukan mereka berhasil tidaknya dalam bekerja ialah jiwa leadership, daya analisis dan kreativitas” tutupnya.

Ramah Tamah Rektor Esa Unggul Dengan Anies Baswedan

Ramah Tamah Rektor Esa Unggul Dengan Anies Baswedan

Anies Rasyid Baswedan mendatangi Universitas Esa Unggul pada pukul 09.00 WIB dengan mengenakan baju batik dan bawahan celana hitam, Anies Baswedan terlihat sumringah saat bersalaman dengan Rektor Universitas Esa Unggul Dr.Ir. Arief Kusuma, M.B.A. dan langsung berjalan untuk melakukan ramah tamah dengan Rektor, Dekan dan Dosen. Acara Seminar ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dan dihadiri oleh sekitar 500 mahasiswa.


-- Download Kunjungi Esa Unggul, Anies Baswedan Berikan Kuliah Umum Menjadi Insan Muda yang Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul