Kunjungan UIEU ke Universitas di Malaysia

Kunjungan UIEU ke Universitas di Malaysia

Share



Kunjungan UIEU ke Universitas di Malaysia

Minggu, 20 Juni 2010

Dalam rangka meningkatkan citra dan reputasi UIEU sebagai Universitas Internasional, mulai tahun 2007/2008 ini melaksanakan Program Kunjungan Mahasiswa ke Negara ASEAN, khususnya Malaysia sebagai tetangga terdekat. Program ini akan dijadikan agenda tetap yang diselenggarakan secara teratur setiap tahun. Sasaran pokok dari program ini adalah :

* Memperluas cakrawala atas wawasan mahasiswa agar lebih outward looking.
* Meningkatkan kualitas dan lingkup kegiatan kemahasiswaan, sehingga tidak hanya terbatas pada internal kampus dan lingkungan Jakarta saja.
* Mendorong mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan jejaring kerja (networking).
* Mendorong mahasiswa untuk mengetahui dan memahami, serta mendapat inspirasi dari berbagai perkembangan dan kemajuan yang dicapai oleh masyarakat, universitas dan mahasiswa di negara tetangga.
* Mendorong kesadaran, cara pandang dan sikap kritis mahasiswa UIEU bahwa mereka adalah bagian dari masyarakat global, sehingga dapat mempersiapkan dirinya sendiri lebih baik dalam belajar, menjawab tantangan karir dan berkarya.

Salah satu upaya adalah dilaksanakannya kunjungan muhibah pendidikan bagi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas INDONUSA Esa Unggul ke Malaysia selama 5 (lima) hari, untuk mengetahui pola pembelajaran yang dilaksanakan di Fakulti Perundang-undangan dan Fakulti Sains Sosial dan Kemanusiaan (FSSK) Universiti Kebangsaan Malaysia antara dosen (Pensyarah) dengan mahasiswa (siswazah) . Kegiatan dilakukan dengan cara mengikuti kuliah umum disana, yaitu mengikuti kuliah umum di ”Suruhanjaya Pilihan Raya”, kuliah umum di ”Perdana Menteri malaysia” kuliah umum di ”Pejabat Penguam Negara” (The Attorney General’s Chambers of Malaysia), kuliah umum di “Pejabat (Kantor) Tribunal Tuntutan Penguna Malaysia”. Menghadiri dan mengisi acara di Gala Dinner ”Malam Kegemilangan Za’ba”, kuliah umum di Ibu Pejabat (Kantor Pusat) “Pergerakkan Pemuda UMNO Malaysia”, serta mengadakan wisata (city tour) ke berbagai tempat seperti : KLCC – Menara Petronas, Sungei Wang – Bukit Bintang, Wisata ke Sanway Lagoon, Pusat perbelanjaan Alamanda – Putrajaya, lapangan Putrajaya diwaktu malam (Masjid Putra dan Depan Pejabat/Kantor Perdana Menteri).

Program kegiatan diatas tentunya bukan merupakan kegiatan wisata, tetapi lebih diorientasikan pada penyadaran diri, merintis pengalaman baru, pembentukan sikap kritis, penajaman wawasan, serta kegiatan yang bersifat akademik/penalaran (diskusi, seminar, workshop, penelitian, pameran karya). Oleh karena itu, alternatif kegiatan yang digagas dalam pelaksanaan kunjungan serupa yang mendatang diarahkan pada kegiatan antara lain:

* Seminar, mengenai berbagai issues yang menyangkut student government, kepemudaan, budaya melayu, dan masalah-masalah bilateral yang sensitif.
* Penelitian Bersama (joint research), yang melibatkan mahasiswa UIEU dan mahasiswa Malaysia (UKM, UM, UPM, UTM). Tema/objek penelitian disepakati terlebih dahulu, kemudian masing-masing pihak melakukan penelitian di negaranya. Hasil penelitian dibahas dalam suatu one-day workshop pada saat kunjungan, selanjutnya dipublikasikan dalam sebuah proceeding atau jurnal. Tema penelitian dapat dipilih yang relevan dan menarik untuk kedua belah pihak, misalnya Migrant Labor, Implementasi Vision 2020, Penanganan Epidemi, Pekerja Anak, Gender, Perdagangan Wanita, dst.
* Diskusi dengan pemuda dan kelompok masyarakat (UMNO, LSM), mengenai pencapaian dan inovasi yang mereka telah lakukan.
* Pameran Karya dan Kerja Kreatif Bersama untuk menggarap proyek kecil selama 1-2 hari. Kegiatan ini cocok bagi mahasiswa Disain Industri, DKV dan Periklanan.
* Studi Banding langsung mengenai perkembangan kota (Urban Redevelopment Authority, Housing Development Board), manajemen transportasi dan intermoda (MRT, Ports of Singapore Authority), pengembangan industri (Jurong Industrial Authority, Johor Industrial Estate), pembangunan kawasan baru (Putra Jaya), pendidikan disain dan teknologi informasi (Lim Kok Wing University, Multimedia University), pembangunan pertanian/perkebunan (Felda), sistem hukum (Supreme Court), dst.
* Misi Kebudayaan, dst.

Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2016 © Universitas Esa Unggul
Floating Social Media Icons Powered by Acurax Blog Designing Company