Kementerian Kesehatan Timor Leste Kirim Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Kementerian Kesehatan Timor Leste Kirim Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Share




Kementerian Kesehatan Timor Leste Kirim Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Kementerian Kesehatan Timor Leste Kirim Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Kementerian Kesehatan Timor Leste Kirim Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Melihat kemajuan pendidikan Kesehatan yang ada di Lembaga Pendidikan Tinggi di Indonesia, Kementerian Kesehatan Timor Leste akan mengirimkan mahasiswanya untuk belajar ke beberapa Universitas di Indonesia. Salah satu Perguran Tinggi yang dituju Kemenkes Timor Leste untuk mengirimkan mahasiswanya ialah Esa Unggul.

Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Timor Leste Augusto Joaquim Pinto mengatakan dipilihnya Universitas Esa Unggul sebagai salah satu tujuan pengiriman mahasiswa Timor Leste untuk mempelajari kesehatan dikarena reputasi Esa Unggul yang sangat baik dalam bidang pendidikan kesehatan.

“Rencananya pemerintah Timor Leste akan mengirimkan mahasiswa kami untuk mempelajari pendidikan kesehatan seperti farmasi, keperawatan dan fisioterapi ke Univeritas di Indonesia, salah satunya Esa Unggul yang memiliki program studi yang baik dalam bidang Fisoterapi,” terang Augusto, di Ruangan Warek IV, Universitas Esa Unggul, Jakarta Barat, Senin (12/06/2017)

Augusto pun menambahkan reputasi Esa Unggul dibidang Fisioterapi sangat baik terutama dikalangan akademisi di Timor Leste. Hal ini dibuktikan dengan kerja sama Univeritas Dili dan Esa Unggul pada bulan lalu dibidang pengiriman dosen ke masing-masing Universitas.

“Sejauh ini reputasi Esa Unggul di bidang fisioterapi kan salah satu yang terbaik, bulan kemarin kan ada kerjasama Universitas Esa Unggul dan Universitas Dili dalam bidang pengiriman dosen, ini salah satu rujukan kami kemana saja perguruan tinggi yang dapat kami ajak kerjasama pengiriman mahasiswa Timor Leste nantinya dalam bidang kesehatan,” ujar Augusto.

Augusto menerangkan Pengiriman mahasiswa Timor Leste ke berbagai univeritas di Indonesia ini selain untuk mempelajari mengenai pendidikan kesehatan, menurutnya ini merupakan momentum bagi kedua negara yakni Timor Leste dan Indonesia untuk semakin mengakrabkan hubungan dua negara.

“Ini kan program G2G (Government to Governmnet) mudah-mudahan nantinya dua negara bisa saling membantu khusunya  dibidang tenaga medis kesehatan, karena jujur saja, di Timor Leste fasilitas yang ada sudah sangat baik namun SDM kita sangat terbatas,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Dra. Suryari Purnama, MM, mengungkapkan Esa Unggul menerima dengan tangan terbuka pengiriman mahasiswa Timor Leste yang nantinya akan mempelajari kesehatan di Esa Unggul. Ia pun meyakinkan, Esa Unggul memiliki berbagai failitas penunjang untuk mahasiswa dari luar daerah bahkan dari luar negri.

“Fasilitas yang kami tawarkan kepada mahasiswa dari luar negeri dan daerah sudah memenuhi standar kok, disini sangat dekat dengan tempat tinggal yang nantinya mahasiswa tersebut dapat memilih apakah akan stay di kontrakan atau kos-kosan, disini kita dekat dengan apartemen. Lingkungan kampus dan tempat tinggal mahasiswa disini juga sama baiknya,” terangnya.

Bersama Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Timor Leste

Bersama Perwakilan dari Kementerian Kesehatan Timor Leste

Ia pun berharap kedepannya, Esa Unggul dan pemerintah Timor Leste dapat menjalin kerjasama lanjutan dalam bidang pengiriman mahasiswa dan dosen agar bermanfaat untuk saling bertukar informasi serta transformasi pendidikan kedua negara. “Pokoknya kerjasama ini nantinya harus berlanjut sampai ada transformasi pendidkan diantara kedua negara, ini adalah program yang sangat bermanfaat,” tutup Suryari.

Sebanyak sepuluh mahasiswa akan dikirimkan oleh Kementerian Kesehatan Timor Leste untuk mempelajari mengenai pendidikan kesehatan seperti Keperawatan, Fisioterapi dan Farmasi. Selain Indonesia negara lain seperti Singapura dan Malaysia  juga menjadi pertimbangan pemerintah Timor Leste untuk meningkatkan tenaga medis di negara berbahasa Portugis tersebut.


-- Download Kementerian Kesehatan Timor Leste Kirim Mahasiswanya Belajar Ke Esa Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul