Pembicara Dalam Seminar Saat Menyampaikan Materinya

Pembicara Dalam Seminar Saat Menyampaikan Materinya

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Seringkali anak muda banyak terbentur pada masalah modal dalam mengembangkan usaha kecilnya, padahal masalah modal dapat diatasi dengan berbagai langkah kreatif. Langkah-langkah kreatif tersebut dijelaskan dalam seminar yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahsiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UEU mengenai Enterpreneurship.

Dalam Seminar yang mengambil tema “Let’s Find Your Creativity to be a Creativepreneurship fot The Better Future” tersebut mengulas berbagai permasalahan yang banyak dialami oleh para wirausahawan muda, terutama dalam hal modal, kreatifitas dan pengembangan .

Salah satu pembicara yakni Heri Frianto memberikan beberapa tips jitu bagi para anak muda yang ingin membangun usaha (Enterpreneurship). Pemilik usaha waralaba ini mengatakan langkah pertama yang harus dilakukan anak muda dalam membangun usahanya ialah tampil dan berpikirlah berbeda.

“Jika Kamu ingin menjadi seorang Enterpreneur, kamu harus berpikir berbeda dalam segala situasi dan kondisi. karena dengan berpikir berbeda kamu bisa mendapatkan peluang yang belum dipikirkan oleh orang lain, jadi membuat diferensiasi produk atau sesuatu itu menjadi hal yang harus dilakukan bagi kamu yang ingin memulai menjadi seorang Enterpreneur,” ujar Heri, di Ballroom Aula Kemala, Kamis (05/10/2017).

Owner Ayam Goreng Kabita ini mencontohkan bagaimana kita dapat berpikir berbeda, salah satunya melihat sudut pandang sesuatu atau barang yang ingin kita pasarkan yang dulunya tabu namun dapat disukai oleh masyarakat luas.

“Misalnya, ketika orang lain berpandangan tentang kaos atau baju berwarna Pink itu tidak cocok untuk laki-laki, maka disitulah peluang kita bagaimana membuat warna pink dapat macho, nah salah satunya kita tambahkan corak ataupun pernak-pernik lainya sehingga Pink itu tidak diindentikan hanya wanita saja yang cocok untuk mengenakannya,” tuturnya.

Suasana Saat Seminar BEM FEB

Suasana Saat Seminar BEM FEB

Senada dengan Heri, Nathanael Pembicara kedua dalam seminar ini pun melanjutkan tentang pentingnya diferensiasi jika kita ingin memulai berwirausaha, karena dengan diferensiasi jiwa kreatifitas kita akan terasah karena terus berpikir tentang produk apa yang berbeda dari pasaran namun dapat disukai oleh masyarakat luas.

“Berbeda itu penting, karena hal itulah yang dapat menumbuhkan jiwa kreativitas kita sehingga nantinya produk yang akan kita pasarkan akan terkesan unik dan berbeda dari produk yang ada dipasaran,” terang Pria yang menjadi CEO Bana NuGet ini.

Nathanael pun berpesan bagi para enterpreneur muda dan mahasiswa jangan takut untuk berwirausaha karena terbentur oleh modal, menurutnya modal akan mengikuti niat dan action kita untuk dapat berwirausaha jadi jangan jadikan uang sebagai alasan untuk tidak berwirausaha.

“Anak muda saat ini saya kira sudah jeli dalam melihat peluang dan mnedapatkana ide yang kreatif dan unik, namun sayangnya kebanyakan dari mereka masih terpaku dan tidak bergerak untuk melakukan wirausaha karena terbentur oleh masalah modal, padahal modal dapat dengan mudah kita dapatkan mulai dari meminjam maupun mencari rekan usaha,” tutupnya.