Healthy Mindset For Dietary Habits oleh Program Studi Ilmu Gizi

Healthy Mindset For Dietary Habits oleh Program Studi Ilmu Gizi

Healthy Mindset For Dietary Habits oleh Program Studi Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul

Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Ilmu Gizi Universitas Esa Unggul pekan lalu tanggal 15 Desember 2016 mengadakan seminar dengan tema “Healthy Mindset for Dietary Habits” bertempat di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul. Seminar ini diadakan langsung oleh mahasiswa/i Jurusan Ilmu Gizi Tahun 2013.

Sebagai pembicara dalam seminar ini yaitu Esti Prihastuti mengenai “How Your Mind Choose Your Food”, Aussie Nadya Gultom mengenai “Habits Now and Then” dan Prita Dhyani Swamilaksita, SP, M.Si mengenai “How Your Dietary Habits Affect Body”.

Pembicara saat Seminar

Pembicara saat Seminar

Mindset atau lebih dikenal sebagai pola pikir dalam bahasa Indonesia merupakan dasar pengambilan keputusan individu dalam semua aspek kehidupannya termasuk pemilihan makanan. Keputusan individu didasari oleh beberapa determinan seperti presepsi, perilaku, kepercayaan, nilai, emosi dan arti personal yang dalam satu kesatuan membentuk pola pikir seseorang. Menurut I.R Contento  (2007) “dalam sehari, orang akan memutuskan kapan akan makan, apa yang akan dimakan, dengan siapa dan berapa banyak”. Hal ini nantinya akan berlangsung terus menerus dan membentuk suatu kebiasaan diet atau dietary habits. Lingkungan sosial dan ekonomi individu memiliki peranan penting dalam pembentukan kebiasaan dietnya, karena hal tersebut kebiasaan diet individu akan sama dengan individu lain yang berada dalam lingkungan yang sama (Mancino et al., 2004).

Indonesia yang notabene negara berkembang menjadi lingkungan yang sesuai untuk perkembangan berbagai kebiasaan diet hingga tidak sering menjadi tren tersendiri. Seiring berjalannya waktu, tren kebiasaan diet terus berkembang dan semakin beragam. Keberagaman yang ada tidak jarang menimbulkan kebingungan di masyarakat apakah diet ini benar-benar baik untuk tubuh dan apakah akan membantu mencapai tujuan diet.