Pendidikan Anak Usia Dini

Grand Launching Esa Unggul Mengajar – Pendidikan Anak Usia Dini

Share

 

Pendidikan di bangsa ini merupakan hak seluruh warga Indonesia, karena menurut UUD 45 pasal 28 dan pasal 31 sudah jelas menjelaskan bahwa pendidikan adalah HAK seluruh warga Indonesia. Akan tetapi pendidikan ini belum bias dirasakan oleh seluruh warga Indonesia. Di kota yang besar seperti Jakarta saja masih banyak warga yang tidak merasakan dunia pendidikan anak usia dini.

Dalam rangka memberi peluang lebih luas kepada anak-anak usia dini maka hari tanggal 21 April 2015 Universitas Esa Unggul membuka sekolah khusus untuk anak-anak usia dini, untuk lebih memperkenalkan sejak awal proses belajar mengajar yang mendapatkan sentuhan pendidikan seperti halnya dalam keluarga. Untuk itu, sebanyak 45 orang dikumpulkan di teras Ballroom kemala dengan orang tuanya masing-masing dan staf pengajar. Berdirinya sekolah anak usia dini ini yang didirikan oleh Wakil Rektor III Bapak Ari Pambudi S.Kom, M.Kom yang dalam kata sambutannya mengharapkan agar kelak dalam pendidikan ini sentuhan orang tua jangan sampai terlepas untuk mendapatkan pendidikan dan kasih sayang, agar nantinya anak-anak ini akan menjadi manusia unggul dalam perkembangan menuju dunia kedewasaan. Selain itu, dikatakan oleh Warek III bahwa pendidikan semacam ini banyak diterapkan di negara-negara maju dan berkembang untuk mendorong lebih jauh cara berfikir kognitif atau mampu menyerap seluruh mata pelajaran dan contoh-contoh ilmu yang banyak dilihat oleh anak-anak tentang perilaku sehari-hari yang diterapkan dalam lingkup pergaulan sehari-hari. Dari acara tersebut anak-anak didik ditampilkan untuk menyanyikan beberapa lagu anak-anak yang dipimpin oleh staf pengajar.

Atas dasar itulah, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Esa Unggul dan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi mengadakan kegiatan #EsaUnggulMengajar dan Taman Pendidikan Anak Usia Dini Esa Unggul. Dua kegiatan ini mempunyai tujuan yang sama yaitu membantu peran pemerintah dalam menyediakan pendidikan anak usia dini untuk warga yang kurang mampu. Tetapi kegiatan ini mempunyai cara kerja yang berbeda.

#Esaunggulmengajar nantinya akan menjadi wadah mahasiswa Universitas Esa Unggul agar bisa melakukan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dengan cara mengajar dan kedepannya #esaunggulmengajar ini akan mencoba mengekspansi ke daerah-daerah lain yang dunia pendidikannya masih kurang. Berikut ini visi misi dari #esaunggulmengajar

Visi dan Misi #EsaUnggulMengajar

Visi :
“Terwujudnya Gerakan Esa Unggul Mengajar yang memotivasi anak-anak usia dini serta orang tuanya di daerah yang masih kurang fasilitas pendidikannya agar pribadi yang unggul dan berguna untuk bangsa ini.”

Misi :

  • Membantu memberikan pendidikan gratis untuk anak-anak Usia Dini dari keluarga tidak mampu
  • Mempersiapkan anak dibawah umur 5 tahun untuk memasuki sekolah dasar
  • Membangun karakter calon penerus bangsa dari usia dini
  • Memberikan fasilitas terhadap mahasiswa Universitas Esa Unggul untuk melakukan pengabdian terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan
  • Menciptakan keberlanjutan dan mengoptimalkan program-program yang sudah terlaksana dengan baik.

Taman Pendidikan Anak Usia Dini Esa Unggul ini kedepannya akan menjadi wadah untuk masyarakat sekitar kampus yang anak-anak nya sulit merasakan namanya pendidikan anak usia dini. Nantinya juga pengajar-pengajarnya juga berasal dari mahasiswa-mahasiswa esa unggul yang mempunyai waktu luang untuk bantu-bantu proses pembelajaran. Tujuan dari kegiatan Taman Pendidikan Anak Usia Dini Esa Unggul ini adalah melatih anak-anak mampu melewati setiap tahap perkembangannya dengan baik dan menikmati masa kanak-kanaknya dengan bahagia dan ceria, serta melatih seluruh kemampuan dasar anak yaitu berdasarkan kognitif, motorik dan afektif.

Di Taman Pendidikan Anak Usia Dini Esa Unggul ini pada dasarnya kegiatan anak hanyalah bermain, namun permainan yang diberikan kepada anak adalah permainan yang mengandung unsur edukasi. Permainan-permainan ini diharapkan dapat mengasah motorik halus, motorik kasar, kognitif, afeksi anak dan aspek-aspek lain pada anak. Di Taman Pendidikan Usia Dini Esa Unggul ini anak juga di ajarkan konsep-konsep dasar tentang kehidupan sehari-hari, misal nya konsep aku (diriku), hewan, tumbuhan dan lain-lain dan konsep-konsep tersebut dikemas dan disajikan dalam bentuk permainan. Inti dari lembaga Taman Pendidkan Anak Usia dini Esa Unggul ini adalah dari permainan anak mendapatkan pembelajaran.

Kegiatan #esaunggulmengajar akan berlangsung hingga bulan junia di Taman Pendidikan Anak Usia Dini Esa Unggul dan selama kegiatan berlangsung kami memberikan kesempatan untuk mahasiswa-mahasiswi esa unggul yang berminat jadi volunteer pengajar bias langsung dateng saja ke belakang gedung baru universitas esa unggul setiap senin, rabu dan jumat pada pukul 08.00-10.00 dan untuk para donator yang ingin membantu dalam kegiatan kami, kami masih sangat menerima dengan. Karena dalam kegiatan kami ini masih banyak kekurangan khususnya barang-barang untuk anaknya bermain (proposal esaunggulmengajar dan taman pendidikan anak usia dini esa unggul .
https://www.dropbox.com/s/pj9j50ajsia77f8/proposal%20%28donatur%29.docx?dl=0)

Info lebih lanjut :
Twitter : @esGul_mengajar / @bemu_esaunggul / @BEMFPsikologi
Website : bem.esaunggul.ac.id / esaunggulmengajar.blogspot.com
Farandi : 087876959847


-- Download Grand Launching Esa Unggul Mengajar - Pendidikan Anak Usia Dini as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Web Design Company