FIKOM UEU Menjadi Tuan Rumah dalam Rapat Program Kerja Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)

FIKOM UEU Menjadi Tuan Rumah dalam Rapat Program Kerja Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)

Share




FIKOM UEU Menjadi Tuan Rumah dalam Rapat Program Kerja Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM)

Rabu, 23 Februari 2011

 

ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi) merupakan lembaga yang dibentuk untuk menjalin kerjasama antar program studi ilmu komunikasi di seluruh Indonesia. Rapat Pemantapan Program Kerja ASPIKOM 2011 diselenggarakan di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Esa Unggul pada hari Rabu – Kamis, 16 – 17 Februari 2011. ASPIKOM merupakan wadah untuk berbagi informasi dan memecahkan beragam masalah dalam pengembangan ilmu komunikasi. Berdasarkan catatan ASPIKOM, program studi ilmu komunikasi di Indonesia, sebelum tahun 1998, berjumlah 24 prodi. Sampai bulan Juni 2010,  berjumlah kurang lebih 199 prodi ilmu komunikasi di seluruh Indonesia.

Rapat ini merupakan kelanjutan dari Rapat Perumusan Program Kerja ASPIKOM 2011 yang dilaksanakan pada bulan Desember 2010 di Bengkulu. Rapat kali ini dihadiri oleh Pengurus ASPIKOM yang merupakan perwakilan dari beberapa Fakultas atau Program Studi Ilmu Komunikasi dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia, seperti Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Tarumanegara Jakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Pelita Harapan Jakarta, Universitas Prof.DR.Moestopo (Beragama) Jakarta, Universitas Mercu Buana Jakarta, STAIN Kediri, STISIPOL Candradimuka Palembang, serta beberapa perwakilan universitas lainnya.

Rapat yang dipimpin oleh Bapak DR. Eko Harry Susanto (Ketua), Bpk. Hadi Suprapto Arifin, M.Si (Wakil Ketua) dan Bpk. Heri Budianto (Wakil Sekjen) ini telah menetapkan beberapa program kerja ASPIKOM yang terbagi dalam 4 bidang, yaitu:

  1. Bidang Kurikulum dan Pembelajaran
  2. Bidang Penelitian dan Pengembangan
  3. Bidang Humas dan Kerjasama
  4. Bidang Organisasi

Diantara program kerja yang telah disepakati bersama dalam rapat ini antara lain; Penerbitan buku dan Jurnal ASPIKOM secara berkala, Penyelenggaraan Workshop atau Semiloka yang akan dilaksanakan di Yogyakarta (Maret 20011) dan Maluku (Agustus 2011), Menjalin kerjasama dengan asosiasi-asosiasi profesi bidang keilmuan komunikasi termasuk pula Kementrian Komunikasi dan Informatika serta beberapa media massa dan LSM, perencanaan Riset dan Seminar bersama yang akan dilaksanakan di tingkat regional (pada masing-masing Korwil), menerbitkan profil organisasi dan keanggotaan ASPIKOM, penguatan positioning ASPIKOM baik di Indonesia maupun internasional, serta beberapa program lainnya yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2011.

Dalam rapat kali ini juga Bpk. DR. Indrawadi Tamin selaku Dekan FIKOM Universitas Esa Unggul telah ditetapkan sebagai Koordinator untuk Wilayah DKI-Jabodetabek dan akan menjadi tim penyusun Jurnal ASPIKOM Edisi 9 dan 10.


Read More Post
Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul