Festival Wirausaha Mahasiswa PTS Kopertis Wilayah III di Universitas Esa Unggul

Festival Wirausaha Mahasiswa PTS Kopertis Wilayah III di Universitas Esa Unggul

Share

Festival Wirausaha Mahasiswa PTS Kopertis Wilayah III di Universitas Esa Unggul

Kegiatan perguruan tinggi dalam bidang pengembangan kewirausahaan masih sangat terbatas dan hanya bertumpu pada aspek sosial-ekonomi dan manajemen dalam bentuk kuliah dan pelatihan. Padahal untuk meningkatkan penciptaan dan pertumbuhan wirausaha, dibutuhkan suatu keterpaduan yang sinergik antara penguasaan ilmu dan teknologi (termasuk komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan), keuangan dan manajemen produksi, yang secara keseluruhan disebut Sosio-tekno-ekonomi. Kecenderungan lembaga pendidikan tinggi untuk mengabaikan aspek sosiotekno-ekonomi tersebut mengakibatkan hasil-hasil kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat lebih bersifat akademis saja, sedikit sekali yang berlanjut dengan memberi kontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.Untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN di akhir tahun 2015, budaya wirausaha harus terwujud sebagai sublimasi dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengetahuan kewirausahaan dalam diri setiap atau paling tidak sebagian besar lulusan perguruan Tuntutan yang semakin tinggi terhadap lulusan perguruan tinggi yang tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi juga pencipta kerja (job creator), menyebabkan perguruan tinggi harus melakukan reorientasi terhadap system pembelajaran yang selama ini dijalankannya. Dengan adanya tuntutan itu maka reorientasi yang diharapkan adalah bagaimana menanamkan jiwa wirausaha kepada mahasiswa sehingga setelah lulus mereka juga mempunyai mental wirausaha. Atas dasar kepentingan tersebut, Kopertis Wilayah III pada tahun 2015 bekerja sama dengan Universitas Esa Unggul akan menyelenggarakan Festival Wirausaha Mahasiswa PTS di lingkungan Kopertis Wilayah III melalui bentuk dan ajang yang kreatif, dimana dalam kegiatan tersebut tidak saja dilakukan dalam bentuk lokakarya tetapi juga pameran produk wirausaha mahasiswa PTS, Pameran Kreasi Karya Mahasiswa yang tertuang dalam konsep “Festival Wirausaha Mahasiswa PTS”, kegiatan ini diharapkan dapat lebih menggugah dan memotivasi mahasiswa dan PTS untuk menciptakan kegiatan wirausaha muda di kampusnya masing-masing.

TUJUAN KEGIATAN

Festival Wirausaha Mahasiswa Kopertis Wilayah III Tahun 2015 bertujuan:

  1. Memotivasi mahasiswauntuk mampu menjadi wirausaha yang mandiri.
  2. Meningkatkan minat mahasiswa dalam menciptakan lapangan pekerjaan.
  3. Menyiapkan mahasiswa setelah lulus untuk lebih mandiri dalam menciptakan usaha
  4. Meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam penyelenggaraan kegiatan.
  5. Menarik minat mahasiswa dan PTS untuk memanfaatkan kegiatan kewirausahaan di lingkungan kampusnya masing-masing.
  6. Memfasilitasi ajang produksi dan promosi produk kewirausahaan mahasiswa.

HASIL YANG DIHARAPKAN

Festival Wirausaha Mahasiswa yang merupakan gabungan beberapa kegiatan yang bernuansa kewirausahaan di lingkungan PTS diharapkan dapat menghasilkan bagi:

Perguruan Tinggi:

  • Terbentuknya inkubator bisnis di perguruan tinggi sebagai cikal bakal pengembangan kewirausahaan.
  • Terbangunnya budaya akademik ke arah wirausaha.
  • Mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi untuk menciptakan wirausaha muda bagi lulusannya.
  • Menunjukkan produk unggulan wirausaha hasil binaan di perguruan tingginya masing-masing.
  • Menumbuhkembangkan tata kelola pembinaan kewirausahaan mahasiswa di perguruan tingginya, sehingga dapat mewujudkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang kewirausahaan.

 

Mahasiswa:

  • Memotivasi mahasiswa untuk mewujudkan harapannya menjadi membuka usaha sendiri/berwirausaha.
  • Menciptakan lapangan kerja di lingkungannya masing-masing sehingga lulusan perguruan tinggi tidak hanya menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi juga pencipta kerja (job creator).
  • Memperoleh bantuan modal usaha sebagai modal pertama para mahasiswa untuk mengembangkan usahanya dan membangun produk kreatif dalam pengembangan wirausaha.
  • Memamerkan hasil usaha mahasiswa sebagai langkah awal mempromosikan karyanya kepada masyarakat.

PESERTA DAN BENTUK KEGIATAN

Peserta Festival Wirausaha Mahasiswa PTS di lingkungan Kopertis Wilayah III akan dibatasi jumlah peserta dan terbagi dalam 2 (dua) kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat diikuti semua perguruan tinggi, dengan uraian sebagai berikut:

Peserta

Peserta Festival Wirausaha Mahasiswa tahun 2015 adalah mahasiswa, dosen dan perguruan tinggi yang memiliki komitmen untuk membangun kewirausahaannya sesuai dengan visi dan misi di institusinya masing-masing.

Kegiatan

Lokakarya

  • Dalam rangkaian kegiatan festival ini, Panitia menyelenggarakan lokakarya.
  • Masing-masing PTS mengirim 1 (satu) orang perwakilan mahasiswa dan 1 yang akan diikuti oleh mahasiswa dan dosen yang mengampu mata kuliah kewirausahaan (satu) dosen/pembina kewirausahaan di PTS untuk mengikuti Lokakarya Pengembangan Kewirausahaan Mahasiswa.
  • Peserta dibatasi sebanyak 40 PTS dan tidak dipungut biaya.

 

Pameran

  • Pameran ini merupakan kegiatan unjuk kreativitas produk dari mahasiswa baik yang telah memperoleh Bantuan Modal Usaha dari Kopertis Wilayah III pada tahun 2014, atau mahasiswa yang belum pernah menerima bantuan modal usaha.
  • Masing-masing peserta festival dari masing-masing PTS yang menunjukkan kreasi di bidang kewirausahaan.
  • Masing-masing PTS hanya dapat mengirim 1 (satu) perwakilan sebagai peserta pameran.
  • Masing-masing PTS akan mendapat 1 (satu) booth yang luasnya disesuaikan dengan lokasi yang tersedia, dengan kapasitas 25 booth di dalam aula, dan 25 booth di luar aula.
  • Peserta pameran tidak dipungut biaya.

 

Pemberian Apresiasi

Pemilihan Stand Terbaik

  • Sebagai apresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, Kopertis Wilayah III akan memberikan penilaian kepada stand terbaik.
  • Pemilihan Stand Terbaik dilakukan berdasarkan penilaian Tim Juri dengan kriteria penilaian terlampir.
  • Stand Terbaik akan memperoleh trophy dan piagam penghargaan.
  1. Pemilihan Produk Wirausaha Mahasiswa Terbaik
  • Sebagai apresiasi penyelenggaraan kegiatan ini, Kopertis Wilayah III akan memberikan penilaian kepada produk wirausaha mahasiswa terbaik.
  • Pemilihan Produk Wirausaha Mahasiswa Terbaik dilakukan berdasarkan penilaian Tim Juri dengan kriteria penilaian terlampir.
  • Produk Wirausaha Mahasiswa Terbaik Terbaik akan memperoleh trophy dan piagam penghargaan.

 

Pentas Kreasi Mahasiswa

  • Untuk mewujudkan dan meningkatkan daya kreasi mahasiswa, selama festival ini berlangsung akan mementaskan karya kreasi mahasiswa.
  • Karya Kreasi Mahasiswa dapat berupa: Film, Foto, Karikatur, Desain, Master Plan,dan karya lainnya dari hasil karya mahasiswa.
  • Karya kreasi mahasiswa yang akan diikutsertakan dalam festival akan diseleksi terlebih dahulu oleh Panitia untuk menilai kelayakan hasil karya untuk tayangkan kepada masyarakat, sebagai karya terbaik mahasiswa.
  • Karya kreasi mahasiswa paling lambat diterima Panitia pada hari Senin, 10 Agustus 2015 di Kantor Kopertis Wilayah III, Jalan SMA Negeri 14, Cawang, Jakarta Timur.
  • Karya Kreasi mahasiswa terbaik akan mendapat Piagam Penghargaan dari Kopertis Wilayah III berdasarkan hasil pemilihan pengunjung festival.

WAKTU DAN TEMPAT PENYELENGGARAAN

Festival Wirausaha Mahasiswa PTS di lingkungan Kopertis Wilayah III tahun 2015 diselenggarakan pada hari Selasa s.d. Kamis, tanggal 25 s.d 27 Agustus 2015 bertempat di Kampus Universitas Esa Unggul, Jalan Arjuna Utara No 9, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

 

KETENTUAN AJANG PEMILIHAN

UMUM

 

Ajang kompetisi Stand Terbaik dan Produk Wirausaha Mahasiswa Terbaik,diharapkan menjadi indikator pelaksanaan program mahasiswa wirausaha di perguruan tinggi di Jakarta secara umum. Selain itu juga merupakan wujud apresiasi Kopertis Wilayah III kepada Pengelola dan Mahasiswa yang telah berkomitmen dan bersungguh-sungguh mengembangkan visi dan misi institusinya dalam mewujudkan lulusan yang berjiwa enterpreneur dan ditunjukkan dengan keberhasilan mahasiswanya dalam mengembangkan usahanya.

Ajang pemilihan ini berdasarkan pada konsep “real bussines competition” yang ditunjukkan melalui kinerja usaha yang sudah dijalankan dalam bentuk produk barang/jasa yang disusun melalui business plan, sertabukti prestasi yang diperoleh bagi pengelola kewirausahaan. Sedangkan untuk penilaian Karya Kreasi Mahasiswa kategori terbaik ditentukan berdasarkan hasil poling pengunjung pameran yang diberikan setelah selesai berkunjung.

KRITERIA PENILAIAN

PEMILIHAN STAND TERBAIK

No KRITERIA BOBOT SKOR

(50-100)NILAI

(Bobot x Skor)1Tampilan Stand:

a. Keindahan

b. Kerapihan

c. Kebersihan30%  2Produk:

a. Kreativitas produk yang ditampilkan

b. Variasi produk30%  3Kreativitas stand dalam menarik

pengunjung20%  4Dukungan Perguruan Tinggi:

  1. Keberadaan unit pengelola kewirausahaan
  2. Program kerja unit pengelola  kewirausahaan
  3. Kerjasama unit pengelola  kewirausahaan dengan institusi lain
  4. Prestasi yang terkait bidang  kewirausahaan
  5. Kegiatan dosen dalam  kewirausahaan

20%  

Ketentuan Penilaian:

  1. Tim Juri ditetapkan berdasarkan Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah III.
  2. Tim Juri terdiri dari praktisi, dosen dan unsur Pimpinan Kopertis Wilayah III.
  3. Setiap stand akan dinilai oleh 3 (tiga) orang Juri.
  4. Penilaian dilakukan melalui pengamatan langsung, wawancara terhadap mahasiswa dan dosen pendamping.

 

PEMILIHAN PRODUK WIRAUSAHA MAHASISWA TERBAIK

No KRITERIA BOBOT SKOR

(50-100)NILAI

(Bobot x Skor)1Produk Barang/Jasa:

a. Kreatifitas

b. Inovasi20%  2Deskripsi Usaha:

a. Bahan baku/sumber

b. Proses Produksi

c. Mitra Usaha15%  3Pemasaran

a. Jangkauan Pasar

b. Strategi Pemasaran30%  4Keuangan

  1. Cash Flow
  2. Pertumbuhan dan keuntungan rata-rata per bulan

15%  5Potensi Pengembangan Usaha10%  6Dampak

a. Manfaat terhadap lingkungan dan masyarakat

b. Penyerapan Tenaga Kerja10%  

Ketentuan Penilaian:

  1. Penilaian dilakukan melalui desk evaluation dokumen dan wawancara kepada mahasiswa melalui Presentasi Usaha.
  2. Masing-masing PTS dapat menunjukkan 1 (satu) produk karya mahasiswanya yangmerupakan produk unggulan.
  3. Mahasiswa yang akan mengikuti pemilihan produknya WAJIB menyampaikan proposal (Rencana Bisnis) kepada Panitia di kantor Kopertis Wilayah III, sebanyak 3 (tiga) rangkap.
  4. Tim Juri ditetapkan berdasarkan Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah III.
  5. Tim Juri terdiri dari praktisi, dosen dan unsur Pimpinan Kopertis Wilayah III.
  6. Setiap Produk akan dinilai oleh 3 (tiga) orang Juri.

Bertempat di Ballroom Kemala Universitas Esa Unggul pada tanggal 25 – 27 Agustus 2015 berlangsung Festival Wirausaha Perguruan Tinggi yang diadakan oleh Kopertis Wilayah III bekerja sama dengan Universitas Esa Unggul. Festival ini dimaksudkan agar para mahasiswa terbiasa melakukan hal positif diluar pendidikan formal yang dipelajari dibangku kuliah, terutama dalam bidang entrepreneur yakni membina pengusaha pemula agar membekali kemampuan manajerial dalam menjalankan sesuatu bisnis terutama dalam bidang bisnis usaha kecil dan menengah. Acara tersebut dibuka oleh Koord. Kopertis Wilayah III – Prof. Dr . Ilza Mayuni, MA dan didampingi oleh Rektor Universitas Esa Unggul – Dr. Arief Kusuma, MBA. Pada kesempatan tersebut Rektor memberikan semangat kepada generasi muda khususnya para mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan dalam bidang bisnis, setelah berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean/MEA 2015 tahun ini, agar mahasiswa terbiasa memanfaatkan peluang usaha yang ada disekitarnya, karena hal tersebut mencerminkan bahwa kesuksesan sesuatu bangsa salah satunya terletak pada kemampuan pengusahanya siap untuk bersaing secara sehat secara global.

Adapun hasil pemenang UKM terbaik unggulan wirausaha sebagai berikut :

  1. Juara Terbaik Pertama I : Universitas Esa Unggul
  2. Juara Terbaik Kedua II : Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  3. Juara Terbaik Ketiga III : Akd. Seni Rupa dan Desain ISWI

Pemenang Pengelola PMW Terbaik (Stand Terbaik) :

  1. Juara Terbaik Pertama I : Universitas Mercu Buana
  2. Juara Terbaik Kedua II : Politeknik LP3I
  3. Juara Terbaik Ketiga III : Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka

Pemenang Hasil Kreasi Mahasiswa :

  1. Juara Terbaik Pertama I : Politeknik LP3I
  2. Juara Terbaik Kedua II : Universitas Multimedia Nusantara
  3. Juara Terbaik Ketiga III : STIE IPWIJA

Acara diakhiri foto bersama dengan para pemenang.


-- Download Festival Wirausaha Mahasiswa PTS Kopertis Wilayah III di Universitas Esa Unggul as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul