Fakultas Teknik Univ. Esa Unggul bekerjasama dengan ITB Bandung menyelenggarakan Kuliah Umum “Sustainable Urban Development”

Fakultas Teknik Univ. Esa Unggul bekerjasama dengan ITB Bandung menyelenggarakan Kuliah Umum “Sustainable Urban Development”

Share

Dalam rangka menindaklanjuti kerjasama antara Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik – Universitas Esa Unggul dengan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) – Institut Teknologi Bandung (ITB), Fakultas Teknik Universitas Esa Unggul menyelenggarakan kuliah umum dengan tema “Sustainable Urban Development”  pada hari Jum’at, 8 Maret 2013 jam 10.00-12.00 WIB  dengan mengundang Bapak DR. Ir. Iwan Kustiwan, MT. (Kepala Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, ITB) sebagai pembicara kuliah umum.

Dalam kuliah umum ini, Bapak DR. Ir. Iwan Kustiwan, MT memaparkan KOTA BERKELANJUTAN: Konsep, Prinsip dan Penerapannya Dalam Perencanaan Tata Ruang.

Pokok-pokok bahasan yang disampaikan dalam kuliah umum tersebut meliputi:  Pertumbuhan perkotaan: Realitas perkotaan global – realitas  perkotaan nasional, Proses pengkotaan, Perkembangan kawasan perkotaan, Sub urbanisasi dan Urban sprawl, Kota berkelanjutan?, Prinsip-prinsip kota berkelanjutan, Kaitan penggunaan lahan – transportasi – lingkungan perkotaan, Perencanaan tata ruang yang berkelanjutan?, Bentuk perkotaan dan keberlanjutannya: dari urban sprawl  ke urban compaction.

Kuliah umum  dihadiri oleh seluruh mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dan para dosen dan ditutup dengan sesi tanya jawab yang cukup hangat terkait dengan aplikasi konsep kota berkelanjutan dan mixed use development.

Kerjasama akan direalisasikan dalam bentuk studio bersama, fieldtrip ke ITB-Bandung, mengundang dosen dan mahasiswa dalam kegiatan bersama, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menguntungkan kedua belah pihak.


-- Download Fakultas Teknik Univ. Esa Unggul bekerjasama dengan ITB Bandung menyelenggarakan Kuliah Umum “Sustainable Urban Development” as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Website Design Expert