Fakultas Desain & Industri Kreatif menyelenggarakan Seminar Dan Workshop ” Batik Budaya Nusantara”

Fakultas Desain & Industri Kreatif menyelenggarakan Seminar Dan Workshop ” Batik Budaya Nusantara”

Share

Fakultas Desain & Industri Kreatif  bekerjasama dengan Museum Tekstil Indonesia menyelenggarakan Seminar Dan Workshop ” Batik Budaya Nusantara” pada tanggal 31 Mei 2013, di ruang 207/208 Universitas Esa Unggul.

Seminar & Workshop ini menghadirkan pembicara Bpk. Benny, seorang instruktur batik dari Museum Tekstil Jakarta dengan Bapak Barika Gumay, SE sebagai moderator.

Seminar dan workshop batik yang dibuka oleh Wakil Rektor I, Ibu Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA, selain memperkenalkan batik sebagai identitas budaya dan juga dalam rangka pengenalan teknik membatik seperti belajar teknik canting, klowongan dan lorotan guna keikutsertaan dalam ajang lomba membatik,” kata Dekan FDIK , Bapak Teddy M. Darajat, M.Des dalam kata sambutannya.

Dalam Workshop ini Ibu Anti dan Bapak Nasir memperlihatkan teknik – teknik membuat batik seperti  teknik canting, klowongan dan lorotan serta teknik lainnya. Batik yang di pamerkan adalah batik tulis lukis dan kontemporer.

Acara ini didahului dengan workshop di Museum Tekstil Jakarta, Petamburan yang diikuti oleh beberapa mahasiswa FDIK yang ikut dalam lomba membatik  yang diselenggarakan oleh DIKTI. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Desain dan Industri Kreatif  Universitas Esa Unggul ini akan diadakan secara kontinyu dengan tema mengangkat budaya lokal dan pemanfaatan hal yang bersifat kearifan lokal, karena sumber yang terkandung dalam bumi nusantara tidak ada habisnya untuk dijadikan obyek penelitian baik riset atau materi kurikulum yang ada.

3 orang  mahasiswa yang ikut workshop membatik  di Museum Tekstil Jakarta adalah :

  • Danu – Mahasiswa Desain Produk
  • Zeruya – Mahasiswa DKV
  • Daniel – Mahasiswa DKV

 


-- Download Fakultas Desain & Industri Kreatif menyelenggarakan Seminar Dan Workshop " Batik Budaya Nusantara" as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul