Esa Unggul Bentuk Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Kepemimpinan Mahasiswa

Esa Unggul Bentuk Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Kepemimpinan Mahasiswa

Share





Rektor Universitas Esa Unggul Dr.ir. Arief Kusuma, M.B.A saat pelantikan pramuka Esa Unggul

Rektor Universitas Esa Unggul Dr.ir. Arief Kusuma, M.B.A saat pelantikan pramuka Esa Unggul

Esaunggul.ac.id, Jakarta Barat, Sebagai bentuk peningkatan kepanduan di kalangan mahasiswa, Esa Unggul membentuk Gerakan Pramuka untuk mewadahi jiwa kepemimpinan para mahasiswa/i yang ingin mengembangkan dirinya. Gerakan Pramuka Esa Unggul sendiri dibentuk pada 1 Juni 2017. Pengukuhan dan pelantikan dari gerakan Pramuka Esa Unggul dilakukan pada Kamis (13/07) kemarin.

Pengukuhan dan pelantikan ini dihadiri oleh Kwarcab, Kwarran dan perangkat pemerintahan di wilayah kecamatan Kebon Jeruk. Kepala Satuan Pelaksana Dinas Pendidikan Kecamatan Kebon Jeruk Sri Wahyuningsih, mengapresiasi pembentukan gerakan Pramuka mahasiswa Esa Unggul.

“Gerakan Pramuka yang dibentuk oleh Universitas Esa Unggul ini merupakan gerakan pramuka mahasiswa pertama yang ada di wilayah kebun jeruk, ini merupakan kegiatan positif yang harus didukung oleh segenap pihak dan saya sangat mengapresiasi kegiatan ini,” tutur Sri di Gedung Universitas Esa Unggul, Jumat (14/07/2017).

Menurut Sri pembentukan gerakan pramuka sangat penting dikalangan mahasiswa, selain karena arus globalisasi yang membuat perubahan pada pola perilaku anak muda zaman sekarang, pramuka dapat membentengi para generasi muda pada penyebaran radikalisasi yang dewasa ini menyerang kalangan muda.

“Pramuka ini dapat menjadi benteng bagi generasi muda dan mahasiswa Esa Unggul agar mampu membendung paham-paham yang amat bertentangan dengan Pancasila dan kehidupan berbangsa dan negara,” ujarnya.

Suasana Pelantikan dan pengukuhan Pramuka Esa Unggul

Suasana Pelantikan dan pengukuhan Pramuka Esa Unggul

Sementara itu, Rektor Universitas Esa Unggul Dr.ir. Arief Kusuma, M.B.A mengatakan Esa Unggul sangat mendorong kegiatan kreativitas mahasiswa khususnya kegiatan yang meningkatkan jiwa kepemimpinan mahasiswa seperti pramuka. Selain itu, keberadaan Pramuka di Esa Unggul menjadi pelengkap Jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) yang baru saja dibuka karena dalam Peraturan Kemenristek Dikti disebutkan setiap perguruan tinggi yang memiliki jurusan PGSD diwajibkan terdapat UKM Pramuka.

Arief pun menerangkan kegiatan kepramukaan ini menjadi pelengkap dari kegiatan UKM-UKM lainnya yang telah Eksis di Universitas Esa Unggul. Untuk itu kedepannya, Arief berharap nantinya Pramuka menjadi kegiatan yang dapat menghasilkan prestasi dan membanggakan kampus.

“UKM di Esa Unggul sendiri telah lama eksis dan menghasilkan berbagai prestasi baik skala regional maupun nasional. Mudah-mudahan kegiatan pramuka dapat menghasilkan prestasi seperti kegiatan mahasiswa lainnya ke depan,” tutupnya.

Sesi Foto Bersama Dalam Acara Pelantikan Pramuka

Sesi Foto Bersama Dalam Acara Pelantikan Pramuka

Acara pengukuhan dan pelantikan tersebut diselenggarakan selama hampir tiga jam dan berlangsung dengan khidmat, petugas pelantikan dalam acara itu dilakukan oleh Wakil Ketua Bidang Orgakum Kwartir Cabang Jakarta Barat yakni Azis. Terlibat juga para pengurus pramuka daerah Jakarta Barat dan para mahasiswa yang menjadi pengurus pramuka di Esa Unggul.


-- Download Esa Unggul Bentuk Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Kepemimpinan Mahasiswa as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul