Emotional Spiritual Quotient Training Mahasiswa Baru Universitas Esa Unggul 2015

Universitas Esa Unggul menyelenggarakan ESQ Training selama 2 hari pada tanggal 1 – 2 September 2015 di Ballroom Kemala, pelatihan ini khusus diperuntukkan bagi mahasiswa/i baru Tahun Akademik 2015 guna meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual yang berdampak pada pencapaian 7 nilai-nilai dasar (jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerjasama, adil, dan peduli), dan membantu membangkitkan kekuatan tersembunyi serta mengerahkan seluruh potensi dirinya untuk kehidupan dan pekerjaan yang lebih produktif. Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa.  Sedemikian pentingnya posisi kaum muda di suatu bangsa membuat ESQ menyadari dibutuhkannya pelatihan khusus bagi mereka.  Selama 2 hari para peserta diajak untuk dapat lebih mudah memahami dan mendalami ESQ sebagai bekal mereka menapaki masa depan.

Wakil Rektor III UEU – Ari Prambudi, S.Kom, M.Kom menghimbau kepada mahasiswa baru untuk senantiasa karakter ditanam didiri anda dan tanggung jawab. Sementara Andi Basumi mewakili Direksi dari ESQ Leadership Center, dalam kata sambutannya mengharapkan agar mahasiswa yang telah menimba ilmu terutama mendalami ESQ agar dapat melahirkan sarjana yang sempurna dan harus punya cita-cita yang jelas dimasa mendatang.

Diharapkan nantinya setelah pembekalan mahasiswa baru ini, kelak lebih memiliki dasar spiritual yang jernih dalam melihat persoalan bangsa kedepan sebagai generasi baru, dan mempersiapkan estafet kepemimpinan yang berkarakter dan punya visi, hal itulah yang kita harapkan bersama. Sementara itu Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Arief Kusuma dalam sambutannya menekan agar para mahasiswa memiliki kemampuan untuk menterjemahkan setiap persoalan sehari-hari yang akan dihadapi, karena mahasiswa bukan mengandalkan kecerdasan semata, namun harus bisa bekerjasama dengan orang lain turut memecahkan setiap persoalan yang dihadapi disekitar kita, demikian kata Rektor UEU.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman kepada para mahasiswa baru bahwa didalam kehidupan sehari-hari nanti, selain dituntut untuk mendalami ilmu-ilmu diperguruan tinggi seperti yang dilakukan sekarang juga dibutuhkan mahasiswa yang memahami secara benar bagaimana berhubungan dengan Yang Maha Kuasa.

Dari pelatihan yang berlangsung beberapa kali ini dengan kerjasama sejak ditandatangani oleh bapak Dr. H.C Ary Ginanjar Agustian, selaku pimpinan ESQ sangat banyak dampak yang diperoleh bagi perkembangan jiwa mahasiswa dalam pergaulannya ditengah-tengah masyarakat. Selain merubah pola pikir sebagai generasi penerus bangsa dibutuhkan seorang calon pemimpin yang memiliki karakter, agar mahasiswa tersebut mampu menjaga eksistensinya dengan perilaku hidup sehari-hari yang mencerminkan kepribadian bangsa Indonesia sejati. Hal tersebut dapat dilihat dari indeks prestasi para mahasiswa yang telah ikut setiap tahun terus meningkat seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta persaingan yang ketat dengan perguruang tinggi yang lain.

Training ESQ adalah sebuah fenomena. Menggugah dan mampu mengubah kehidupan seseorang. Itu salah satu kesimpulan peserta yang telah mengikuti training ESQ. Hal itu bisa terjadi karena ESQ memang berbeda dari pelatihan lainnya dan bukan sekedar pelatihan kepemimpinan atau manajemen biasa. Training ESQ merupakan pelopor pelatihan yang mengasah sisi spiritual dengan mendalam, bersamaan dengan sisi emosi dan intelektual seseorang. ESQ adalah suatu inovasi mutakhir yang bertujuan untuk membangkitkan dimensi spiritual manusia. ESQ dengan seksama memandu seseorang dalam membangun prinsip hidup dan karakter berdasarkan ESQ Way165. Angka 165 merupakan simbol dari 1 Hati pada Yang Maha Pencipta, 6 Prinsip Moral, dan 5 Langkah sukses. ESQ hadir untuk siapa saja yang berkeinginan untuk membentuk karakter manusia paripurna. ESQ juga merupakan upaya untuk menjebatani rasionalitas dunia usaha dengan spirit ketuhanan. Melengkapi makna sukses dengan nilai-nilai spiritual yang mendalam, menuju esensi bahagia yang sesungguhnya. (Is/Est)