70 Tahun Dr. Abdul Gafur, Jalan Pengabdian Tanpa Batas

70 Tahun Dr. Abdul Gafur, Jalan Pengabdian Tanpa Batas

Share



70 Tahun Dr. Abdul Gafur, Jalan Pengabdian Tanpa Batas

Minggu, 28 Juni 2009

Bung Gafur, demikian panggilan familiar dari Dr. Abdul Gafur yang telah menoreh arti pengabdian yang tinggi dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia.  Beliau saat ini di Universitas INDONUSA Esa Unggul menjabat sebagai Ketua Yayasan Kemala.  Tanggal 20 Juni 2009 beliau genap berusia 70 tahun, bertepatan dengan perayaan hari ulang tahunnya ke-70 pada Sabtu, 20 Juni 2009 di Four Season Hotel, Jakarta, beliau meluncurkan sebuah buku berjudul “Jalan Pengabdian Tanpa Batas” yang berisi catatan pengabdian hidup Dr. Abdul Gafur dan pandangan dan kesan para tokoh bangsa, diantaranya Prof. Dr. Amien Rais, HR. Agung Laksono, A.M. Fatwa, Akbar Tanjung, dan tokoh ternama lainnya.  Para tamu undangan yang hadir berasal dari keluarga, sahabat, kolega, dan para pejabat dan tokoh nasional.

Dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia dari masa ke masa, bung Gafur telah mengukir tinta mas pengabdian yang memiliki arti amat strategis bagi kehidupan nasional.  Pada tahun 1966, sebagai reaksi atas peristiwa Gerakan 30 S PKI 1965, beliau sebagai mahasiswa bersama dengan para aktivis mahasiswa membentuk Panitia Pengganyangan Komunisme yakni menjadi Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI).  Dr. Abdul Gafur kembali mengambil peranan penting dalam konstelasi pembinaan dan pengembangan kepemudaan nasional, sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga RI dengan melaksanakan program – program pembinaan dan peningkatan kualitas kepemudaan nasional dalam segala segmen dalam rangka pengabdian kepada bangsa dan Negara. Pengabdiannya dilanjutkan dengan menjadi Ketua DPP Golkar, Anggota Dewan Pertimbangan Agung, dan sebagai Wakil Ketua DPR/MPR.  Dan pada usianya yang relatif mulai senja, Abdul Gafur juga tidak berhenti dan tanpa kenal lelah berusaha terus memberikan pengabdiannya kepada bangsa dan Negara melalui kepemimpinan Provinsi Maluku Utara, tempat dimana beliau dilahirkan.  Namun dalam dua kali pemilihan Kepala Daerah Maluku Utara yang seharusnya secara factual yuridish dimenangkan oleh Abdul Gafur, namun ternyata beliau telah dikalahkan oleh pemaksaan kekuasaan yang tidak mengingnkan beliau tampil sebagai Gubernur Maluku Utara.

Jalan Politik Dr. Abdul Gafur telah terbukti.  Beliau memang telah mengukir sejarah pengabdian yang bermanfaat bagi perubahan dan pembaharuan bagi bangsa Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik.  Selamat Ulang Tahun ke-70, Dr. Abdul Gafur.

Read More Post
Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Social Media Icons Powered by Acurax Website Redesign Experts