Sambutan Rektor Dalam Acara Sidang Terbuka Senat Universitas Esa Unggul, Wisuda 14 Oktober 2010

Sambutan Rektor Dalam Acara Sidang Terbuka Senat Universitas Esa Unggul, Wisuda 14 Oktober 2010

Share

Dr. Ir. Arief Kusuma A.P, MBA

Rektor Universitas Esa Unggul

 
Yang kami hormati dan kami banggakan,
•    Wakil Menteri Pekerjaan Umum RI – Bapak Dr.A.Hermanto Dardak.
•    Koordinator Kopertis Wilayah III – Prof. Dr. Haryoto Kusnoputranto.
•    Ketua Yayasan Pendidikan Kemala Bangsa – Bapak dr. Abdul Gafur.
•    Pimpinan dan Civitas Akademika Universitas Esa Unggul
•    Para Orang Tua yang berbahagia,
•    Para Wisudawan dan Wisudawati
•    Hadirin yang kami muliakan.
Assalaamu’alaikum Wr. Wb,
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua.
Pertama-tama marilah kita panjatkan Puji Syukur ke Hadirat Allah SWT, karena atas nikmat, rahmat dan karuniaNyalah kita dapat berkumpul disini untuk menghadiri :

ACARA SIDANG TERBUKA SENAT UNIVERSITAS ESA UNGGUL,
WISUDA SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2010 – 2011”

Untuk Program Diploma 3, Diploma 4, Strata 1, dan Strata 2.
Pada hari ini kita mendapat kehormatan yang luar biasa.  Karena di tengah-tengah kita telah hadir Wakil Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia – Bapak Dr. A. Hermanto Dardak yang pada hari ini berkenan untuk menyampaikan orasi ilmiahnya yang berjudul Paradigma Penataan Ruang dalam Dekade 2010 – 2020.  Atas nama Civitas Akademika Universitas Esa Unggul, kami menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada beliau. Kita yakin bahwa orasi ilmiah tersebut akan memberikan ’pencerahan’ dan manfaat bagi kita semua.
Hadirin yang saya muliakan, pada kesempatan yang baik ini perkenankanlah saya melaporkan arah kebijakan, program, dan capaian universitas.
Banyak sudah sasaran yang tertuang dalam Rencana Strategis Universitas Esa Unggul 2006-2010, telah tercapai.  Dari program penataan manajemen akedemik dan manajemen sistem informasi, yang sasarannya adalah terciptanya center of excellence yang berbasis ICT, yang kondusif bagi pelaksanaan proses pembelajaran yang bermutu dan pengembangan ilmu pengetahuan, telah berhasil dikembangkan sistem informasi manajemen perguruan tinggi, dan sistem pembelajaran berbasis e-learning (learning management system), yang didukung oleh jaringan yang terkoneksi dengan serat optik, ruang kelas multimedia dan satu buah ruang teleconference.  Diharapkan dengan adanya moda pembelajaran yang didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi tersebut, prestasi belajar peserta didik akan semakin meningkat, dan para dosen akan semakin produktif dalam menghasilkan konten pembelajaran dan karya ilmiahnya.

Dari program penataan kelembagaan, pada akhir tahun lalu, telah berhasil dirumuskan struktur dan tata kelola organisasi yang baru, yang lebih adaptif, baik terhadap kebutuhan internal maupun eksternal, serta mengikuti prinsip prinsip good governance.  Sehingga pada periode ini diharapkan kegiatan operasional universitas akan semakin lincah dalam menjawab tantangan jaman.  Adapun hal-hal yang telah dilakukan adalah, penambahan beberapa unit pelayanan baru beserta fasilitasnya, seperti unit Konseling, Career Center, dan Lembaga Pengembangan Kewirausahaan.  Unit penjaminan mutupun sudah berubah namanya menjadi Kantor Penjaminan Mutu dengan melakukan penambahan fungsi baru di bidang audit manajemen internal, dan bidang monitoring dan evaluasi kemajuan seluruh program program yang dilaksanakan, berdasarkan indikator indikator keberhasilan dan audit manajemen internal.  Setelah berhasil memperoleh sertifikasi ISO9000 pada tahun 2001 lalu, pada saat ini unit tersebut dalam proses penyempurnaan sistem penjaminan mutu yang diselaraskan dengan baik standar nasional ataupun standar internasional dalam mengelola perguruan tinggi.
Dengan akan berakhirnya siklus perencanaan tersebut, maka pada akhir tahun ini pula akan mulai disusun kembali Rencana Strategis untuk lima tahun ke depan.  Rencana tersebut harus mengacu pada Visi UEU untuk menjadi salah satu perguruan tinggi kelas dunia berbasis intelektualitas, kreatifitas dan kewirausahaan, yang unggul dalam mutu pengelolaan dan hasil pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi.
Menjadi perguruan tinggi kelas dunia, berarti UEU bertekad untuk mengacu pada standar2 perguruan tinggi kelas dunia dan menjalankan praktek2 terbaik (best practices) yang dilakukan oleh perguruan tinggi kelas dunia. Institusi ini akan berupaya untuk menghasilkan output, baik hasil penelitian maupun hasil pengabdian masyarakat, yang diakui oleh kontribusinya oleh komunitas internasional.  Dan yang paling penting, UEU berupaya keras untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dan daya saing global.
Kewirausahaan dan kreatifitas, yang secara eksplisit telah dijadikan spirit dan tema utama, akan mewarnai seluruh perjalanan kemajuan UEU ke depan. Institusi ini ingin dikenal bukan hanya menghasilkan pemikir cerdas dan kritis, namun juga menghasilkan lulusan yang inovatif dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Dalam pengembangan kewirausahaan, UEU terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak.  Hal ini terbukti dengan telah terbinanya kerjasama dengan beberapa BUMN, seperti PT. Jasa Marga, Bank BNI 46, dan Bank Mandiri dari tahun 2002 hingga saat ini.  Dari hasil kerja sama tersebut UEU telah membina Mitra UKM sebanyak 432 pengusaha.  Pada tahun 2010, Bank Mandiri telah memberikan kepercayaan serta komitmen bantuan, berupa beasiswa dan modal awal usaha, modul mata kuliah kewirausahaan dan pelatihan untuk dosen kewirausahaan.  Selanjutnya akan dirintis penyediaan tempat magang bagi mahasiswa pada UKM-UKM binaan bank tersebut. Dan pada tahun mendatang, kerjasama dengan Bank Mandiri akan diperluas, khususnya dalam Program Pengembangan Wirausaha Mandiri.
Melalui program yang disponsori oleh Kementrian Pendidikan Nasional, telah dibina 30 mahasiswa sebagai bisnis pemula dalam Program Mahasiswa Wirausaha dan Inkubator Wirausaha, serta 12 mahasiswa sudah berwirausaha dalam program kemitraan dengan BUMN.  Pada saat ini, UEU dipercaya oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi untuk ikut menjadi salah satu perguruan tinggi, dari 11 PTN dan 4 PTS, yang dilibatkan dalam pilot project Penyelarasan Lulusan Perguruan Tinggi dan Wirausaha, yang pelaksanaannya dimulai tahun 2010 ini sampai dengan tahun 2014 nanti.
Dan untuk meningkatkan budaya wirausaha di kalangan mahasiswa, mulai tahun ini, UEU secara teratur akan menyelenggarakan Kompetisi Tahunan Penyusunan Business Plan bagi mahasiswa. Kepada para pemenangnya akan diberikan bantuan modal untuk memulai usahanya. Para mahasiswa juga didorong untuk aktif mengikuti berbagai kompetisi dan pameran di Tingkat Nasional dalam mempromosikan produknya.
Dalam pengembangan kreativitas, Esa Unggul telah mengambil sebuah langkah strategis melalui pendirian Fakultas (Program Studi) baru yang khusus mendalami dan mengembangkan bidang industri kreatif, guna melengkapi program studi Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual.  Keberadaan fakultas (program studi) ini merupakan embrio bagi pendirian sebuah “creative center” yakni sebagai salah satu pusat keunggulan yang akan menjadi icon universitas kita.  Mulai tahun ini pula, lomba gagasan dan karya kreatif akan menjadi agenda tetap universitas.  Kegiatan ini ditujukan untuk merangsang tumbuhnya suasana dan budaya kreatif di lingkungan civitas akademika, khususnya di kalangan mahasiswa.
Budaya kreatif dan suasana akademik terus dipelihara melalui ekspose karya-karya mahasiswa dan perluasan jejaring dengan dunia industri yang potensial memanfaatkan karya-karya kreatif civitas akademika tersebut secara komersial. Salah satunya adalah PT. Tritunggal Bangun Sejahtera, sebuah perusahaan terkemuka, produsen sepatu dan sandal berkualitas yang akan menandatangani Nota Kesepahaman bersama kita hari ini.
Mewujudkan Visi tersebut merupakan tantangan yang tidak ringan.  Untuk menjawab tantangan tersebut maka institusi ini membutuhkan sumber daya manusia yang baik, terutama sumber daya dosen yang kompeten dan handal.  Untuk itu telah ditargetkan bahwa tahun 2015 nanti, dosen UEU yang berpendidikan Strata 3 (Doktor) sudah mencapai tidak kurang 25%.  Sesuai dengan Undang Undang Guru dan Dosen, maka juga dicanangkan bahwa pada tahun 2012 nanti sudah tidak ada lagi dosen yang tidak berpendidikan minimal Strata 2.  Pada saat ini dari 236 dosen tetap yang dimiliki UEU, sudah ada 29 orang (12%) yang memiliki gelar Strata 3, 134 orang (57%) yang memiliki gelar Strata 2  dan sisanya memiliki gelar Strata 1.
Untuk merealisasikan target yang berat tersebut, maka sejak awal Tahun 2009 lalu, UEU mulai mengintensifkan program pengembangan sumber daya manusia, yang antara lain:  mendorong setiap program studi untuk melakukan perencanaan pengembangan sumber daya manusia, memfasilitasi bantuan dana studi S2/S3 bagi dosen, baik di dalam ataupun di luar negeri; dan memberikan bantuan dana bagi dosen yang mempresentasikan karya ilmiahnya dalam forum nasional ataupun internasional.  Beberapa tahun terakhir ini UEU telah memfasilitasi bantuan dana studi di dalam/luar negeri bagi 43 orang dosen untuk program S2 dan 25 orang dosen untuk program S3.  Dan pada Tahun 2009 lalu, telah difasilitasi keikut sertaan dosen, baik sebagai pembicara ataupun narasumber, pada lebih dari 70 kegiatan forum ilmiah baik di dalam maupun di luar negeri.  Program program ini diupayakan selalu meningkat pada tahun tahun berikutnya.
Di samping meningkatkan jenjang pendidikan para dosen, UEU juga berupaya untuk meningkatkan wawasan dan berbagai kompetensi dosen, melalui berbagai program pelatihan, seperti pelatihan penulisan proposal penelitian, penulisan karya ilmiah di jurnal internasional, penyusunan buku ajar, konseling dan pembimbingan akademik bagi mahasiswa, penyusunan materi ajar e-learning dan lain sebagainya.  Dan pada awal Tahun 2010 yang baru lalu, bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta, telah dilaksanakan pelatihan ketrampilan dasar instruksional (Pekerti) kepada lebih dari seratus orang dosen.  Diharapkan bahwa dengan diberikannya pelatihan tersebut, kualitas proses pembelajaran di kampus ini akan semakin meningkat.
Dalam bidang pengabdian pada masyarakat, mulai tahun 2009 lalu, UEU bersama MercyCorps, sebuah lembaga nirlaba internasional, telah mengembangkan model dan penerapan Participatory Spatial Planning (perencanaan ruang perkotaan berbasis masyarakat), yang merupakan sebuah model perencanaan ruang perkotaan yang “sangat baru” di Indonesia. Sebagai pilot project dipilih Kampung Rawa Bebek, Penjaringan, Jakarta Utara. Kegiatan difokuskan pada perencanaan ruang publik dengan memanfaatkan Ruang Kolong Tol bagi komunitas marjinal perkotaan yang bermukim di sekitarnya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini mencakup pula upaya untuk pemberdayaan dan penyadaran masyarakat terhadap pentingnya keberadaan dan fungsi ruang publik. Hasil kegiatan ini selanjutnya diikutsertakan dalam Lomba Kota Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum, dan diangkat menjadi tema seminar dalam rangka Hari Habitat se-Dunia 2009 di Jakarta. Pada bulan Januari-Februari 2010 Esa Unggul juga melakukan upaya pembinaan kesadaran dan kemampuan “parenting” bagi kelompok ibu-ibu di lingkungan Kampung Rawa Bebek tersebut.
Sejak berdirinya tahun 1993, universitas kita ini telah tumbuh dengan mantap. Jumlah mahasiswa terus meningkat, dan pada tahun 2010 ini, kita sudah menerima lebih dari 2.000 mahasiswa baru, dari berbagai program studi termasuk, Program Pasca Sarjana.  Pada saat ini, kita telah memiliki 8 (delapan) fakultas dengan 23 (dua puluh tiga) program studi.  Dari seluruh program studi tersebut, 5 diantaranya telah memperoleh Akreditasi A, 15 Akreditasi B, 3 dalam proses akreditasi; dan Alhamdulillah … setelah melalui proses reakreditasi, program studi Rekam Medik kembali memperoleh akreditasi A.  Akreditasi bertaraf internasional saat ini sedang dipersiapkan oleh Prodi S1 Manajemen dan Magister Manajemen.  Setelah masing masing program studi tersebut memperoleh Akreditasi A dan masuk menjadi anggota AACSB (The Association to Advance Collegiate Schools of Business), kedua program ini sedang mengejar akreditasi yang bergengsi dari lembaga internasional tersebut.
Rerata lama studi mahasiswa S1 pada Tahun Akademik 2008/2009 lebih pendek dibanding tahun tahun sebelumnya, yakni 4.43 tahun.  Dari rata rata tersebut terdapat 68% mahasiswa yang menyelesaikan masa studinya tepat waktu yaitu kurang dari 4,5 tahun.  Bahkan ada yang dapat menyelesaikan masa studinya dalam waktu 3.5 tahun.  Untuk program S2, rata rata masa studinya adalah 2.57 tahun.  Dan dari rata rata tersebut terdapat 52,94% mahasiswa yang menyelesaikan masa studinya tepat waktu, yaitu kurang dari 2,5 tahun.  Bahkan ada yang dapat menyelesaikan masa studinya kurang dari dua tahun.
Prestasi akademik mahasiswa UEU dalam menyelesaikan studi tahun 2008/2009 juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, yaitu IPK rata rata 2.89.  Berdasarkan hasil analisa statistik jumlah lulusan yang mempunyai IPK di atas 3.0 mencapai 58,09% atau sebagian besar besar dari jumlah lulusan tersebut.
Peningkatan kinerja dari hasil proses akademik tersebut tentunya selain didukung oleh sistem Hybrid Learning, juga didukung oleh faktor faktor lain seperti semakin intensifnya pola pembimbingan tugas akhir dan penerapan aturan aturan akademik dan penjaminan mutu secara konsisten agar mahasiswa dapat lebih cepat menyelesaikan studi dengan kualitas yang tetap terjaga.

Mahasiswa UEU juga telah menunjukkan prestasi yang membanggakan.  Adapun beberapa dari prestasi prestasi tersebut diantaranya:

  • - Juara I Commercial Movie Student Award Tingkat Nasional, 2010
  • - Juara I pada lomba pembuatan Film Dokumenter Tingkat Nasional, 2009
  • - Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional dalam rangka World Town Planning Day, 2008
  • - Top Four English Debate antar perguruan tinggi se-DKI Jakarta, 2009
  • - 10 besar tingkat nasional Liga Bola Basket Nasional.  Merupakan salah satu dari 10 tim terbaik yang bermain pada  Divisi Utama Nasional 2009.
  • - Juara I Divisi I DKI Jakarta pada Liga Sepak Bola Asmaja, 2008
  • - Mewakili Indonesia mengikuti PON tingkat ASEAN dalam cabang olah raga Basket, 2008
  • - Penerima Silver Award dalam International Indonesia Motor Show, 2007
  • - 10 besar Lomba Penelitian Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Tingkat Nasional, 2007

Pencapaian dan prestasi tersebut membuktikan telah tumbuhnya tunas UEU sebagai universitas berkelas dunia. Ke depan, dengan dukungan penuh dari segenap warga UEU, capaian kita akan jauh lebih baik. Melalui prestasi prestasi yang diraih oleh sivitas akademika itulah citra UEU akan semakin meningkat dari hari ke hari.

 

Akhirnya, ingin kami sampaikan kepada para wisudawan bahwa berkat upaya, kerja keras dan ketekunan anda, maka di tahun ini anda semua telah berhasil menyelesaikan studi anda masing-masing di dalam bidang ilmu yang telah anda pilih selama ini. Pimpinan Kampus beserta segenap sivitas akademika Universitas INDONUSA Esa Unggul mendo’akan agar anda sukses di masa mendatang. Jadilah anak bangsa yang berguna bagi Tanah Air dan Negara Indonesia.
Kami ucapkan selamat pada wisudawan dan wisudawati beserta orang tua dan keluarga yang mendampingi. Tak lupa kami ucapkan selamat pula kepada para Wisudawan dan Wisudawati yang menerima Penghargaan dan Beasiswa Abdul Gafur Award, Kemala Award, IOM Award serta INDONUSA Scholarship.
Semoga cita-cita anda selama ini dalam menempuh pendidikan dapat membuahkan kesuksesan dalam berkarier dan berkarya di masa mendatang.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan Taufik, Hidayah dan lindunganNya kepada kita semua. Amien.

Demikian,
Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.
Dr. Ir. Arief Kusuma A.P. MBA
Rektor


-- Download Sambutan Rektor Dalam Acara Sidang Terbuka Senat Universitas Esa Unggul, Wisuda 14 Oktober 2010 as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul