Workshop “Strategi Mencari Kerja dan Sosialisasi Bursa Kerja Online”

Workshop “Strategi Mencari Kerja dan Sosialisasi Bursa Kerja Online”

Share

Lulus menjadi seorang sarjana adalah impian setiap mahasiswa yang sedang menempuh perguruan tinggi, yang salah satunya ditandai dengan mulai menggarap tugas akhir. Seiring dengan persiapan ini, Indonusa Carrer Center (ICC) bekerja sama dengan Rimbun Job Agency memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang sedang membuat tugas akhir untuk mengikuti workshop ”Strategi Mencari Kerja dan Sosialisasi Bursa Kerja Online”. Acara yang diadakan hari Rabu 30 januari 2008 ini awalnya dihadiri oleh mahasiswa sebanyak separuh kelas R 811, tapi pada akhir sesi seluruh ruang dipenuhi peserta yang memang telah membuat konfirmasi (semoga kebiasaan terlambat masuk kelas tidak terbawa saat masuk kerja).

Pada pembukaan acara, Bapak Irwan Ibrahim, SE selaku ketua ICC menerangkan bahwa acara ini dimaksudkan untuk memberi pembekalan bagi mahasiswa yang sedang tugas akhir agar dapat mengetahui apa yang diperlukan dan bagaimana kiat/strategi dalam mencari kerja.

Ibu Bayu Widianingsih dari Rimbun Job Agency memperkenalkan bahwa perusahaannya merupakan ”head hunter company” yang juga menangani ”fresh graduates”. Perusahaan ini mengatur pencarian kerja, dimana calon akan diterima dengan sistem permanen, tidak dikenakan biaya dan melakukan deal langsung ke perusahaan yang bersangkutan. Lebih lanjut lagi, Ibu Dini menambahkan bahwa salah satu langkah awal mendapat pekerjaan adalah melewati interview. Beberapa kunci sukses dalam interview adalah : datang lebih awal, berbusana formal (rapi, bersih, berkemeja ,sepatu pantofel, tidak terlalu ketat), jadilah diri sendiri yang penuh percaya diri, pertahankan kontak mata dengan pewancara, tidak tegang dalam menjawab setiap pertanyaan, low profile tidak menggurui atau sok tahu, gunakan bahasa baku, buatlah diri nyaman dengan gesture formal, perhatikan topik yang sedang ditanyakan , konsisten dengan jawaban, siap dengan pertanyaan yang tak terduga, dan katakan tidak jika keberatan untuk menjawab satu permasalahan.

Hal-hal yang harus dihindari dalam interview adalah : menanyakan gaji dan fasilitas sebelum sessi pertanyaan berakhir, mengenakan pakaian yang tidak formal, menggunakan parfum yang berlebihan, mengunyah permen dan kehilanagn kontak mata dan hindari komentar negatif akan perusahaan tempat sebelumnya bekerja. Topik seminar dilanjutkan dengan berlatih membuat daftar riwayat hidup yang up to date, dan ditutup dengan panduan bagaimana mencari lowongan pekerjaan melalui on line.

 


-- Download Workshop "Strategi Mencari Kerja dan Sosialisasi Bursa Kerja Online” as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul