Pengembangan Produk Bumbu Berdasarkan Preferensi Pelanggan Bisnis pada PT. Armita Abadi

Pengembangan Produk Bumbu Berdasarkan Preferensi Pelanggan Bisnis pada PT. Armita Abadi

Share

Pengembangan Produk Bumbu Berdasarkan Preferensi Pelanggan Bisnis pada PT. Armita Abadi

Deskripsi:
ABSTRAK Ali Gunawan, Pengembangan Produk Bumbu Berdasarkan Preferensi Pelanggan Bisnis Pada PT. Armita Abadi (dibimbing oleh Dr. MOHAMAD RIZAN, SE., MM.). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui preferensi pelanggan bisnis terhadap atribut utama produk bumbu yang dapat digunakan untuk pengembangan produk bumbu pada PT Armita Abadi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data primernya. Pengambilan sampel menggunakan metode populasi dimana respondennya sebanyak 130 orang yang merupakan pelanggan bisnis dari PT. Armita Abadi. Penelitian ini menggunakan metode conjoint dengan syntax editor pada SPSS 13. Hasil penelitian ini dibagi dua untuk pengambilan < 1000 kg dan pengambilan >= 1000 kg. Hasil penelitian dari pelanggan yang mengambil < 1000 kg menunjukkan bahwa atribut harga menunjukkan tingkat kepentingan yang paling tinggi diantara semua atribut, diikuti atribut bentuk dan rasa. Pengembangan produk bumbu harus memperhatikan atribut-atribut tersebut. Berdasarkan penentuan preferensi pelanggan terhadap atribut produk bumbu dan analisa hasilnya, maka dapat diambil kesimpulan yaitu pengembangan produk bumbu dilakukan berdasarkan kombinasi atribut utama yang terbaik pada produk bumbu ini, yaitu harga < Rp 30.000,00 / kg, bentuk liquid dengan rasa manis, dimana harga < Rp. 30.000 dapat dijadikan indikator tingkat kualitas produk bumbu. Pelanggan dengan pengambilan >= 1000 kg menunjukkan bahwa atribut rasa menunjukkan tingkat kepentingan yang paling tinggi diantara semua atribut, diikuti atribut harga dan jaminan keamanan pangan. Pengembangan produk bumbu harus memperhatikan atribut-atribut tersebut. Berdasarkan penentuan preferensi pelanggan terhadap atribut produk bumbu dan analisa hasilnya, maka dapat diambil kesimpulan yaitu pengembangan produk bumbu dilakukan berdasarkan kombinasi atribut utama yang terbaik pada produk bumbu ini, yaitu rasa manis, harga < Rp. 30.000 , dan jaminan Depkes R.I, dimana harga < Rp. 30.000 ini dapat dijadikan indikator tingkat kualitas produk bumbu. Kesimpulan yang terakhir adalah pengembangan produk bumbu dapat dilakukan berdasarkan riset mengenai preferensi konsumen secara kontinu.

Penulis :
ALI GUNAWAN ( 2008-01-010 )

Download:


-- Download Pengembangan Produk Bumbu Berdasarkan Preferensi Pelanggan Bisnis pada PT. Armita Abadi as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul