PENGEMBANGAN APLIKASI SIG SITEPLAN PERUMAHAN ARCADIA DAAN MOGOT

PENGEMBANGAN APLIKASI SIG SITEPLAN PERUMAHAN ARCADIA DAAN MOGOT

Share

PENGEMBANGAN APLIKASI SIG SITEPLAN PERUMAHAN ARCADIA DAAN MOGOT

Budi Tjahjono
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul Jakarta
Jalan Arjuna Utara Tol Tomang Kebun Jeruk, Jakarta 11510
budi.tjahjono@esaunggul.ac.id

 

Abstrak

 Perkembangan perumahan dewasa ini sudah sangat pesat, dimana para pengembang merancang lokasi perumahan yang sangat strategis dan eksklusif dengan desain bangunan yang sesuai permintaan pasar, serta dilengkapi dengan sarana parasarana serta utilitas umum yang diperlukan dalam suatu perumahan. Dengan demikian pemanfaatan komputer sangat diperlukan karena dengan teknologi sistem informasi maka akan lebih mudah bagi para pengembang memberikan informasi tentang tata letak perumahan serta spesifikasinya yang terintegrasi dalam sistem database. Sehinga dengan aplikasi ini akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan untuk dapat mengambil suatu keputusan dalam pemilihan rumah yang sesuai dengan keinginan. Sistem informasi geografis (SIG) perumahan  merupakan teknologi yang mampu  memberikan solusi.  Dengan menggunakan metode SIG, aplikasi ini akan menggabungkan data spasial dan data non spasial dalam suatu interface yang terintegrasi menggantikan kertas denah, brosur ataupun spanduk yang biasanya dipakai, sehingga menjadi  apli-kasi SIG perumahan sebagai sumber informasi yang menarik bagi para konsumen. Aplikasi SIG akan dirancang menggunakan perangkat lunak MapInfo untuk mendigitasi denah kertas menjadi de-nah digital, sedangkan interfacenya menggunakan Microsoft Visual Basic. Net  serta Microsoft Access 2007 sebagai databasenya.

Kata Kunci :  Perumahan, Sistem Informasi Geografis, Denah, Digitasi, Data Spasial


Pendahuluan

Berkembangnya teknologi informasi dan komputer yang begitu pesat pada masa sekarang ini membuat manusia berpikir untuk lebih kreatif dan maju. Komputer bukan hanya sebagai perangkat elektronik yang dapat menyimpan data namun merupakan suatu alat bantu yang memberikan kemudahan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan fasilitas komputer yang ada, dapat dikembangkan berbagai aplikasi sebagai sarana teknologi informasi opera-sional bisnis dalam suatu perusahaan misalnya informasi perumahan dalam bentuk aplikasi komputer maupun website.

Dalam teknologi sistem informasi geografis banyak hal yang dapat dikembangkan yang berfungsi untuk memudah-kan  mendapatkan  informasi yang dibutuh-kan bagi para konsumen, dimana selama ini informasi yang didapat tentang tata letak perumahan hanya melalui brosur, spanduk dan juga miniatur perumahan yang disedia-kan oleh pengembang.

Pengembangan aplikasi sistem informasi geografis siteplan perumahan menggunakan software MapInfo untuk di-gitasi denah perumahan, Microsoft Access 2007 sebagai database dan Visual Basic. Net sebagai tampilan program, akan mempermudah para pengembang perumahan memberikan informasi kepada pelanggan tentang tata letak rumah, serta spesifikasi rumah  yang akan dibangun.

Perumusan Masalah

Dari latar belakang diatas dapat diambil suatu rumusan masalah bahwa infor-masi yang sering didapat tentang tata letak perumahan hanya melalui brosur ataupun spanduk dan juga melalui miniatur peruma-han sudah usang dan tidak terupdate se-hingga informasi tersebut kurang memberi-kan solusi bagi para pelanggan untuk mengambil keputusan. Pengeluaran biaya pembuatan brosur pada saat akan mengikuti pameran.

Batasan Masalah

Berhubungan dengan perancangan pengembangan aplikasi sistem informasi geografis siteplan perumahan, maka permasalahan di atas akan dibatasi agar lebih fo-kus pada pembahasan yaitu dengan merancang aplikasi siteplan perumahan tentang tata letak perumahan serta spesifikasi rumah yang akan dibangun oleh pengembang perumahan.

Tujuan dan Manfaat

Tujuan pelaksanaan tugas akhir ini adalah :

  • Dengan aplikasi ini para pengembang dapat memberikan informasi yang lengkap tentang tata letak perumahan serta spesifikasi rumah yang akan dibangun bagi para pelanggan dalam mengambil keputusan dalam memilih rumah.

Manfaat dari pengembangan perangkat lunak ini adalah:

  • Membantu para pengembang dalam memberikan informasi tentang tata letak perumahan serta spesifikasi rumah yang akan dibangun.
  • Memudahkan para pelanggan sebagai suatu sarana dalam pengambilan keputusan dalam memilih rumah yang sesuai dengan keinginan.

Metode Penelitian

a.      Studi Kepustakaan

Metodologi ini dilakukan dengan mem-baca dan mempelajari buku-buku refe-rensi

b.      Studi Lapangan

Metodologi ini dilakukan dengan melakukan penelitian langsung ke perusahaan pengembang perumahan Arcadia Daan Mogot Tangerang, untuk menda-patkan data dan  informasi.

Sistem  Yang  Berjalan

Perumahan Arcadia merupakan salah satu pengembang perumahan besar di Tangerang. Untuk itu dalam dalam persaingan bisnis khususnya mempromosikan produk-produk perumahan yang ada, harus lebih baik dan bervariasi.

Sejak awal berdiri hinga saat ini pengembang perumahan, Arcadia dalam memberikan informasi tentang tipe rumah yang akan dibangun hanya melalui baner, brosur, maupun miniatur perumahan. Untuk itu didalam mengikuti teknologi informasi yang semakin pesat pengembang pe-rumahan Arcadia mau tidak mau harus ter-libat dalam arus teknologi informasi yang berkembang saat ini.

Selengkapnya :

Pengembangan Aplikasi Sig Siteplan  Perumahan Arcadia Daan Mogot


-- Download PENGEMBANGAN APLIKASI SIG SITEPLAN PERUMAHAN ARCADIA DAAN MOGOT as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Floating Social Media Icons Powered by Acurax Blog Designing Company