Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Industri Otomotif dan Komponennya Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003 – 2007

Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Industri Otomotif dan Komponennya Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003 – 2007

Share

Bunga Fasya, Manajemen/Keuangan, Fakultas Ekonomi

Download

 

Abstraksi

Investor  selalu  mencari  alternative  investasi  yang  memberikan  return  tinggi dengan  resiko  tertentu.  Oleh  karena  itu,  investor  perlu  mengetahui  faktor-faktor yang mempengaruhi Price Earning Ratio (PER) yang diukur dengan Current Ratio (CR),  Debt  to  Equity  Ratio  (DER),  Total  Asset  Turnover  (TATO),  Return  On Equity (ROE) dan Inflasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh Current Ratio (CR), Debt to Equity Ratio (DER), Total Asset Turnover (TATO), Return On Equity (ROE) dan Inflasi terhadap Price Earning Ratio (PER). Selain  hal  tersebut,  penelitian  ini  ingin  menunjukkan  perbandingan  antara  hasil penelitian sebelumnya.

Dengan  menggunakan  alat  analisis  regresi  berganda  dan  uji  statistic,  maka penelitian ini menghasilkan kesimpulan. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Current  Ratio  (CR),  Debt  to  Equity  Ratio  (DER),  Total  Asset  Turnover  (TATO), Return On Equity (ROE) dan Inflasi secara simultan terhadap Price Earning Ratio (PER) dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000. Sedangkan berdasarkan Uji-t Test, secara  parsial  terdapat  pengaruh  yang  signifikan  antara  Current  Ratio  (CR)  dan Return On Equity (ROE).

 

Daftar Pustaka

Abdul Halim, Analisis Investasi, Edisi Kedua, Jakarta : Salemba Empat, 2005. hal.4.

Andy Porman Tambunan, Menilai Harga Wajar Saham Stock Valuation, Jakarta : PT.

Copeland.   E   Thomas   dan   Fred   J   Weston.   1992,   Manajemen   Keuangan,   Edisi Kedelapan, Jakarta : PT. Gelora Aksara Pratama, hal. 225.

Drs. Darsono, MBA.,Akt. dan  Ashari, S.E.,Akt,2005. Laporan Keuangan, hal  54 – 55. Dahlan Siamat, Manajemen Lembaga Keuangan, Jakarta : FEUI, 2004, hal 207 – 208.

Ketut Mangku, “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Janavisi Vol. 5, No. 2, 2002, hal. 88.

Jogiyanto, Teori portofolio dan Analisis Investasi, Edisi Ketiga, Yogyakarta, 2003, hal.7.

Marthinova, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (PER) Perusahaan Manufaktur Tbk pada Bursa Efek Jakarta, USU Library : Perpustakaan Universitas Sumatera Utara, hlm.1.

Ridwan S. Sundjaja dan Inge Barlian, Manajemen Keuangan Dua, Edisi Keempat, Jakarta : Literata Lintas Media, 2003, hal 436.

Suad Husnan, Dasar-dasar Portofolio dan Analisis Sekuritas, Edisi Ketiga, Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 1998, hal. 47-49.Sunariyah, SE.,MSi , Pengantar Pengetahuan Pasar Modal, Yogyakarta :1997  86 – 88

Titiek Nurhidayati,”Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio Pada Perusahaan Industri Textile yang Go Public Di Bursa Efek Surabaya”, Jurnal Penelitian Ekonomi, Vol. 2,No.3 April 2002, hal. 4-6.

MM (Modligami Miller), “Trade Off Theory”, 1958.


-- Download Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas, Leverage dan Profitabilitas Terhadap Price Earning Ratio (PER) Pada Industri Otomotif dan Komponennya Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia Periode 2003 - 2007 as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
20
  1. June 25, 2013 at 1:19 pmcialis generico  Reply

    Asking questions are really pleasant thing if you are not understanding something completely, except this article provides fastidious
    understanding yet.

  2. June 26, 2013 at 12:56 amHarriet  Reply

    Now in menu there is one way that criminals are able to pick from.

    The American Management Association and the ePolicy Institute in
    its 2007 Electronic Monitoring & keylogger Survey found out that
    there are many systems to choose from can confuse anyone.

Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Floating Social Media Icons Powered by Acurax Blog Designing Company