Pengaruh Komunkasi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 5 SDN Kota Bambu 05 Jakarta

Deskripsi:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 SDN Kota Bambu 05 Jakarta. Pengumpulan data diperoleh melalui survey dengan menyebarkan kuesioner yang dilakukan terhadap siswa siswi kelas 5 selain itu data diperoleh melalui studi perpustakaan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, hasil penelitian menunjukan korelasi yang kuat (r = 0,666) dengan taraf signifikasi 5% dan adanya pengaruh komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa kelas 5 SDN Kota Bambu 05 Jakarta, sehingga para siswa hanya mengikuti apa yang telah diarahkan/diajarkan oleh guru (pengajar). Kesimpulan penelitian adalah Pengaruh Komunikasi baik formal maupun informal yang diterapkan oleh pengajar dikelas 5 SDN Kota bambu 05 Jakarta berdampak efektif sehingga dapat menambah motivasi belajar siswa apabila dilihat dari hasil kuesioner yang penulis sebarkan para siswa berpendapat bahwa mereka sangat termotivasi jika seorang pengajar berkomunikasi dengan baik dan sopan sehingga apa yang diarahkan / diajarkan dapat memotivasi para siswa kelas 5. Sedangkan metode yang digunakan seorang guru bersumber pada kurikulum yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Penulis :
Ade Wenang Prawiradirdja ( 2009-52-046 )

Download: