Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penilitian Tindakan Siswa Kelas V Di SDN 3 Kreo Tangerang

Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penilitian Tindakan Siswa Kelas V Di SDN 3 Kreo Tangerang)

Share




Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penilitian Tindakan Siswa Kelas V Di SDN 3 Kreo Tangerang)

Deskripsi:
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh setiap siswa dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan ini, perlu adanya upaya metode pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan observasi dan eksplorasi agar dapat membangun pengetahuannya sendiri. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu modal dasar atau modal intelektual yang sangat penting bagi setiap orang, selain itu kemampuan ini merupakan bagian yang fundamental dalam kematangan manusia. Berpikir kritis adalah berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai dan dilakukan. Untuk mencapai tujuan yang diharapkan guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan berpikir kritis siswa, yaitu metode yang dapat memaksimakan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPA, yaitu metode yang lebih banyak melibatkan siswa akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan berpikir kritisnya baik melalui pemahaman maupun aktivitasnya di kelas. Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk mencapai tujuan di atas adalah metode pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving. Metode Problem solving merupakan suatu cara yang digunakan untuk memberikan rangsangan belajar kepada peserta didik untuk dapat membuat mereka berpikir secara nyata dan menganalisis, memecahkan masalah kemudian mengambil kesimpulan dari masalah yang ada dengan langkah-langkah atau siklus 1) Identifikasi masalah, 2) Mencari data untuk memecahkan masalah, 3) Menetapkan strategi dan hipotesis atau jawaban sementara, 4) Menguji kebenaran hipotesis, 5) Membuat kesimpulan, dan 6) Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; Bagi Guru mata pelajaran IPA, penerapan metode pembelajaran IPA dengan metode problem solving diharapkan dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran, sehingga pembelajaran IPA akan tampak lebih menarik dan mendprong semangat belajar siswa serta memperoleh hasil yang lebih baik; Bagi siswa penerapan metode pembelajaran IPA dengan metode problem solving dapat mengembangkan daya berpikir kritis sehingga pembelajaran IPA dapat mengembangkan daya berpikir kritis siswa sehingga pembelajaran IPA lebih menarik, meningkatkan kemampuan untuk bersikap kritis; Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini diharapkan akan memacu untuk mengadakan penelitian lebih lanjut.

Kontribusi :
Abdul Halim, S.Pd. M.Pd

Penulis:
Harlinda Syofyan, S.Si., M.Pd ( 0424027302 )

Download:


-- Download Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran IPA Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Penilitian Tindakan Siswa Kelas V Di SDN 3 Kreo Tangerang) as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul