Nutrasetikal: Era Baru Dalam Kesehatan

Nutrasetikal: Era Baru Dalam Kesehatan

Share



Nutrisekal - Era Baru Dalam Kesehatan

Nutrisekal – Era Baru Dalam Kesehatan

Nutrasetikal: Era Baru Dalam Kesehatan

Nutrasetikal (Nutraceutic) adalah istilah yang berasal dari kata  “nutrisi” dan “farmasi”. Produk nutrasetikal didefinisikan sebagai zat yang memiliki manfaat fisiologis atau memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, menunda proses penuaan dan meningkatkan harapan hidup. Saat ini nutrasetikal mendapat banyak perhatian karena memiliki potensi nutrisi, keamanan dan efek terapi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrasetikal dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, aterosklerosis, osteoporosis, penyakit kardiovaskular, kanker dan penyakit neurologis. Sebagian besar senyawa nutrasetikal memiliki aktivitas sebagai antioksidan.

Beberapa nutraceuticals yang populer seperti ginseng, Echinacea, teh hijau, glukosamin, omega-3, lutein, asam folat dan minyak ikan telah terbukti melalui riset ilmiah memiliki sifat terapeutik.

Indonesia memiliki kekayaan biodiversitas terbesar ke dua di dunia setelah Brasil, dimana Indonesia memiliki sekitar 30.000 spesies tumbuhan dan 940 spesies di antaranya adalah tumbuhan berkhasiat obat.

Meningkatnya biaya kesehatan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan melalui pola konsumi yang sehat dan gaya hidup back to nature  memberikan andil dalam peningkatan konsumsi produk nutrasetikal secara global termasuk Indonesia. Pasar nutrasetikal di seluruh dunia terus berkembang dan diperkirakan mencapai nilai 250 miliar USD pada tahun 2018.

Tingginya konsumsi masyarakat terhadap produk nutrasetikal dan besarnya potensi sumber bahan baku obat herbal dan produk nutrasetikal yang dimiliki Indonesia menjadi alasan pemilihan bidang nutrasetikal sebagai keunggulan Program studi Farmasi Universitas Esa Unggul yang akan diaplikasikan dalam pengembangan obat, food supplement dan pangan dari sumber alam yang ada di Indonesia, baik untuk pencegahan penyakit maupun pengobatan.

Keunggulan tersebut didukung pula oleh program studi lain di Universitas Esa Unggul seperti Bioteknologi, Gizi, Teknik Industri serta Desain Produk sehingga terjalin kolaborasi menarik untuk menghasilkan berbagai produk hasil penelitian yang bermanfaat bagi keilmuan serta masyarakat Indonesia.

Didukung oleh para dosen tetap dan dosen-dosen dari Fakultas Farmasi UI yang berpengalaman dibidangnya dengan pendidikan S2 dan S3 dalam dan luar negeri. Dengan adanya pengampuan dari Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, kualitas pendidikan, pengajaran maupun kualitas lulusan ada dibawah pengawasan Fakultas Farmasi UI.

Ditulis oleh APRILITA RINA YANTI EFF, Dr. M.Biomed, Apt
Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehataan
Universitas Esa Unggul


-- Download Nutrasetikal: Era Baru Dalam Kesehatan as PDF --


Share
  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul