Latihan Box Jump Lebih Baik daripada Hopscotch terhadap Pencapaian Lompat Jauh Anak Usia 8-11 Tahun

Deskripsi:
Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan latihan box jump dan hopscotch terhadap pencapaian lompat jauh anak usia 8-11 tahun. Sampel : sampel terdiri dari 20 orang yang dipilih berdasarkan tehnik sample random sampling. Sampel dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan I terdiri dari 10 orang yang diberikan latihan box jump dan kelompok perlakuan II terdiri dari 10 orang yang diberikan hopscotch. Metode : Penelitian ini bersifat eksperimen dengan pre test-post test two group design. Analisis statistik penelitian ini menggunakan Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test. Hasil : Uji normalitas menggunakan Shapiro Wilk Test didapat nilai p > α (0,05) data terdistribusi normal. Uji homogenitas menggunakan Levene s Test didapatkan nilai p > α (0,05) data homogen. Uji hipotesis I menggunakan Paired Sample T Test didapatkan nilai p = 0,000 dan dengan nilai mean SD = 125,90 12,096 yang berarti terdapat peningkatan lompat jauh anak usia 8-11 tahun pada pemberian box jump. Uji hipotesis II menggunakan Paired Sample T Test didapatkan nilai p = 0,000 dan dengan nilai mean SD= 102,80 10,727 yang berarti terdapat peningkatan lompat jauh anak usia 8-11 tahun pada pemberian hopscotch . Uji hipotesis III menggunakan Independent Sample T Test didapatkan nilai p = 0,005<0,05 yang berarti ada perbedaanlatihan box jump dan hopscotch dalam pencapaian lompat jauh anak usia 8-11 tahun. Kesimpulan : latihan box jump lebih baik dari pada hopscotch terhadap pencapaian lompat jauh anak usia 8- 11 tahun.Penulis:
YUSAIROH ( 201166066 )

Download: