Hubungan antara Pengetahuan dengan Keterampilan dalam Menangani Perilaku Bullying di SDN 11 Duri Kepa

Deskripsi:
Kasus bullying di sekolah semakin lama menjadi fenomena yang menyebar di dunia dan memiliki dampak negatif terhadap atmosfer sekolah. Hal ini terkait dengan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menangani perilaku bullying. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan keterampilan guru dalam manangani perilaku bullying di SD N 11 Duri Kepa Jakarta Barat. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Guru di SD N 11 Duri Kepa Jakarta Barat yang berjumlah 14 guru. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif korelational non parametrik dengan uji korelasi Spearman. Hasil menunjukkan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan keterampilan, dimana nilai signifikansi 0,692 ( p>0,05 ) . Artinya bahwa pengetahuan yang dimiliki guru tidak mempengaruhi keterampilan guru dalam menangani bullying. Ketika guru memiliki pengetahuan yang baik tidak selalu diikuti dengan keterampilan yang baik. Begitu juga ada guru yang memiliki keterampilan untuk menangani bullying yang baik, namun pengetahuannya terhadap bullying masih minim. Adanya pengetahuan guru yang tidak diikuti oleh keterampilannya dalam menangani bullying disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kepedulian dan sikap guru, selain itu guru kurang percaya diri dalam menangani bullying. Guru cenderung belum merespon peristiwa bullying secara efektif dan cenderung mengabaikan.

Penulis:

Novendawati Wahyu Sitasari, Psi.,M.Psi ( 0319118504 )

Download: