Hubungan Antara Kompetensi Guru Dengan Perilaku Agresi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Wilayah IV Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat

Deskripsi:
Kompetensi guru adalah kemampuan guru dalam melaksanakan tugas mengajar dan menolong murid untuk mencapai tujuan pendidikan. Namun faktanya ada guru berkompetensi tinggi dan ada yang tidak kompeten. Guru yang berkompetensi, seyogyanya tidak memperlihatkan perilaku agresi. namun ada guru Taman Kanak-Kanak berkompetensi tinggi yang memperlihatkan perilaku agresi terhadap muridnya. dan ada juga yang tidak berkompetensi namun tidak memperlihatkan perilaku agresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kompetensi guru dengan perilaku agresi pada guru Taman Kanak-Kanak di Wilayah IV Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasional. Instrumen penelitian yang dipakai adalah kuesioner kompetensi guru dan kuesioner perilaku agresi guru. Populasi penelitian adalah guru-guru Taman kanak-kanak Wilayah IV Kecamatan Kembangan. Untuk pengujian validitas digunakan korelasi product moment, sedangkan untuk uji reliabilitas digunakan cronbach alpha dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil penelitian menunjukkan kuesioner kompetensi guru valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,97 dan nilai koefisien reliabilitas untuk perilaku agresi adalah 0,92.

Kontribusi:

  1. Dra. Winanti Siwi Respati, Psi, M.Si
  2. Sri Handayani, SE. M.M

Penulis:
ANITA ( 2006-71-094 )

Download: