Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Rate of Return Pada Industri Barang Konsumsi Periode 2003-2005 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Rate of Return Pada Industri Barang Konsumsi Periode 2003-2005 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Share

Dadang Kusparyoto, Manajemen, Fakultas Ekonomi

Download

Abstraksi

 Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh kinerja keuangan yang terdiri dari rasio EPS, CR, DER dan ROE secara parsial maupun serentak terhadap return saham perusahaan Aneka Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang berfungsi untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian serta untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini.

Sampel yang diambil sebanyak 25 perusahaan Aneka Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI, serta memiliki saham aktif selama tahun 2003 ~ 2005. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dilakukan proses pengumpulan data melalui dokumentasi. Untuk metode pengumpulan data yang dilakukan dengan membuat salinan, dengan cara mengumpulkan arsip dan catatan-catatan yang ada. Alat analisis penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa rasio keuangan yang terdiri dari EPS, CR, DER dan ROE berpengaruh secara simultan terhadap return saham perusahaan Aneka Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI. Rasio keuangan yang berpengaruh secara parsial terhadap return saham perusahaan Aneka Barang Konsumsi adalah rasio EPS sehingga secara langsung rasio ini mempengaruhi return saham perusahaan Aneka Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Daftar Pustaka

Dranchak, John S dan Joseph R.LaCroce, Membuat Aplikasi Menggunakan Accsess. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 1996.

 Fowler, Martin, UML Distilled, edisi 3. Yogyakarta, ANDI, 2005. Hermawan, Julius, Analisis Desain dan Pemrograman Berorientasi Objek Dengan UML dan Visual Basic.Net. Yogyakarta, ANDI, 2004.

 Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo, Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta, BPFE, 1999

Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi. Jakarta, ANDI Offset, 1995.

Kurniadi, Adi, Pemrograman Microsoft Visual Basic 6. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 2000.

Munawar, Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta, Graha Ilmu, 2005.

Nugroho, Adi, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Dengan MetodologiBerorientasi Objek. Bandung, Informatika, 2002.

Pramono, Djoko, Mudah Menguasai Visual Basic 6. Jakarta, PT. Elex Media Komputindo, 1999.

Raymond, Mc Leod, Sistem Informasi Manajemen, edisi ke-7 Terjemahan Hendra Teguh, jilid 1. Jakarta, PT. Prehall Indo, 2001.

Suharto, Ign dkk, Perekayasaan Metodologi Penelitian. Yogyakarta, ANDI, 2004.

Suhendar, A dan Hariman Gunadi, Visual Modeling Menggunakan UML dan Rational Rose. Bandung, Informatika, 2002.

Suprayoga,Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2001.

Sutopo, Ariesto Hadi, Analisis dan Desain Berorientasi Objek. Yogyakarta, J&J Learning, 2002

Jajang, Kamus Komputer dan Teknologi Informasi. 2007. www.google.co.id

 Davidson, Keith, Tentang Dokumen, 2007. www.solusidokumen.com


-- Download Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Rate of Return Pada Industri Barang Konsumsi Periode 2003-2005 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia as PDF --


Share

  • Comments
  • Trackbacks
Leave a Reply

2017 © Universitas Esa Unggul
Animated Social Media Icons Powered by Acurax Wordpress Development Company